Harga adalah satu kata kunci dalam aktivitas bisnis apa pun. Ya, bicara bisnis adalah bicara soal permainan harga yang bermuara pada keuntungan atau kerugian. Begitu pun dalam aktivitas trading binary options. Yang membedakan trader binary options satu dengan yang lain adalah seberapa piawai trader mencermati indikator pergerakan harga untuk meraih profit atau keuntungan.

Dan bicara soal indikator pergerakan harga tentu harus bicara tentang aset atau komoditas yang memiliki harga. Berbarengan dengan itu, kita juga bicara tentang berbagai analisa terhadap indikator-indikator pergerakan harga. Jika mampu menangkap berbagai indikator dan mengambil analisa secara tepat, profit di depan mata. Bahkan, peluang profit trading berkali-kali.

“Prosedur analisis dari beberapa indikator pergerakan harga suatu aset ini penting untuk memastikan langkah trading. Sejumlah indikator ini akan memberi sinyal kuat kapan Anda harus mengambil keputusan tepat pada waktu yang cepat,” tegas Wahyu U.K Notodiputro, founder komunitas trader Indonesia yang bernaung di bawah bendera wormtraders forum.

Masih menurut expert trading yang akrab dipanggil U.K (baca : Yuuke) ini, paling tidak ada lima indikator pergerakan harga yang bisa dianalisa agar berbuah profit. Analisa untuk memandu kapan trader melakukan entry, kapan menekan tombol Put dan kapan memutuskan Call. Bahkan, kapan mengambil opsi instrumen seperti One Touch, Double Touch, atau Boundary.

Tren Harga, Stabilitas Harga, hingga Breakouts

Kebanyakan trader melihat tren sebagai indikator pertama untuk memulai trading. Ya, tren selalu dilihat sebagai situasi ideal untuk melakukan entry atau open order.

Mekanisme trading binary options memang tidak terlalu memedulikan fluktuasi harga. Namun, tren harga tetap menjadi indikator ideal. Dalam situasi tren, pergerakan harga relatif lebih mudah dianalisa. Peluang profit maksimal pun sangat terbuka lebar.

Indikator selanjutnya adalah stability price atau kestabilan harga. Tren sering diikuti indikator lainnya, saat harga tetap stabil atau ketika harga mengalami situasi breakouts.

Saat harga suatu aset berada pada posisi konsisten, barangkali akan lebih baik jika mengambil opsi Boundary atau No Touch. Tak beda dengan tren harga, indikator stability price juga tidak akan bertahan selamanya. Kendati, beberapa aset memang cenderung stabil atau konsisten dalam kinerja harga. Yang pasti, cermati situasi ini untuk menghasilkan profit.

Tren dan stability price kerap bertahan lama. Namun, sebuah perubahan substansial  terhadap sentimen pasar memungkinkan terjadi indikator breakouts terhadap harga. Situasi di mana harga melampaui rekor tertinggi atau rendah. Situasi breakouts tidak sering terjadi. Oleh sebab itu, cermati kemunculan indikator penusukan atau pembongkaran harga di level-level kunci ini.

Melakukan open order sesuai arah breakouts akan makin membuka peluang menuju profit. Aktivitas trading pun berakhir pada posisi in the money.

Indikator Price Reversal dan Volatility

Dua indikator ini adalah sinyal harga yang gemar mengaduk-aduk emosi trader. Betapa tidak, price reversal dan volatility adalah bicara soal harga yang tidak stabil. Price reversal dimaknai sebagai indikator saat harga berubah arah, sedangkan volatility adalah saat harga berfluktuasi. Dua-duanya merupakan negasi dari tren. Ada perubahan tren.

Dua indikator ini harus disikapi dengan cerdik. Bahkan, harus berani mengambil risiko agar berbuah profit. Sebagai contoh, dua opsi Call dan Put bisa diambil sekaligus, tak hanya untuk meminimalkan risiko namun juga membuka peluang profit.

“Strategi sama bisa diambil pada kondisi harga berfluktuasi. Tempatkan besaran opsi pada aset yang Anda yakini paling potensial mendatangkan profit. Dengan begitu, jika pun salah satu aset berada pada situasi out of the money, tetap ada profit yang mengalir ke akun Anda dari aset lainnya,” tandas U.K.

Kepekaan dalam menganalisa berbagai indikator pergerakan harga ini akan menentukan hasil trading. Dan kepekaan harus diasah dengan terus meneus melakukan trading. Selain itu juga tak malas untuk menimba ilmu dan berbagi pengalaman dengan sesama trader.

U.K melalui wormtraders forum yang dirintisnya mengajak para calon trader, trader pemula, atau pun trader yang sudah jago untuk sharing bersama. Segera lakukan sign up forum hingga tuntas dan buka akun Binary dengan klik salah satu banner binary pada landing page.