Tidak mudah mendapatkan momen yang baik untuk masuk posisi saat trading. Apalagi bagi trader pemula. Butuh analisis yang tepat dan, tentunya, pengalaman.

Kali ini saya akan berbagi hal-hal terkait momen terbaik untuk masuk posisi saat trading Binary Options. Ada sembilan momen yang akan saya bagi di sini. Momen-momen tersebut sangat akurat. Kesahihannya sudah teruji lewat pengalaman dan pendalaman materi yang saya lakukan.

Di sini kita akan memanfaatkan tren naik dominan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Pilih instrument dengan grafik candle yang pendek-pendek dan rapat, artinya rentang harga pada kondisi ini sangat stabil dan terus mengikuti tren.
  2. Pastikan tidak ada dominasi candle yang berekor panjang, artinya tidak terdapat transaksi perlawanan yang over.
  3. Pilih instrument dengan volatilitas rendah untuk menghindari pergerakan harga yang terlalu jauh walaupun pada dasarnya bebas saja memilih instrument apapun namun pastikan syarat nomor satu sudah terpenuhi.
  4. Gunakan indikator Moving Average Exponencial/EMA dengan input length 80 dan input length 200 untuk mengetahui tren dominan yang terjadi, sekaligus berfungsi sebagai batasan support dan resistance. prinsip Indikator ini juga mengindikasikan perubahan tren dominan bila kedua garis indikator tersebut berpotongan. jika garis EMA 200 berada dibawah garis EMA 80, maka terjadi tren naik dominan. Sebaliknya jika garis EMA 200 berada diatas EMA 80, maka terjadi tren turun dominan.

  1. Pilih indikator Parabolic SAR. Saat indikator PSAR berada di atas grafik candle, artinya terjadi tren turun. Begitu pun sebaliknya. Saat indikator PSAR berada di bawah grafik candle, maka terjadi tren naik.
  2. Selain kedua indikator tadi, kita juga memakai indikator Moving Average dengan input length 5 dan 10. indikator ini digunakan untuk membaca terjadinya perubahan tren kecil. jika garis MA 10 berada dibawah garis MA 5, maka terjadi tren kecil naik. Sebaliknya jika garis MA 10 berada diatas MA 5, maka terjadi tren kecil turun.
  3. Pada setiap melakukan open position, pastikan tidak lebih dari 20 persen usia candle.

Momen Pertama

Pada momen pertama untuk open position trading, ada prinsip-prinsip yang harus diperhatikan lantaran menjadi parameter mutlak:

  1. Harus sedang terjadi tren naik dominan
  2. Candle harus berada di atas garis EMA 80
  3. garis MA 5 dan MA 10 telah berpotongan
  4. Bintang Parabolic SAR terletak di bawah candle
  5. Harus didahului candle koreksi
  6. Tidak perlu ada candle konfirmasi, karena bila menunggu justru akan kehilangan momen

Jika keenam syarat tersebut sudah terpenuhi, segera open position buy. Perhatikan gambar di bawah. Grafik tersebut menunjukkan kondisi pasar pada tanggal 06-05-2018 pukul 00:19 WIB sedang tren naik (bullish) cukup kuat, yang sebelumnya mengalami sideways.

Dengan menggunakan sub-kontrak up/down binary.com, saya segera melakukan open position buy di harga 8.658,240 dengan durasi waktu enam menit. Mengapa dipilih enam menit?

Sebab time frame yang dipakai adalah tiga menit (lihat di sudut kiri atas gambar). Seperti yang pernah saya jelaskan di jurnal trading sebelumnya bahwa, untuk menentukan durasi waktu, harus dua kali dari time frame.

Perhatikan gambar di bawah. Pada saat waktu kontrak berakhir, posisi ada di harga 8.660,051. Ini berarti di atas harga saat kita open position, dan tentu saja kita mendapat profit.

Nah, itulah momen pertama yang dapat kita manfaatkan untuk dapat meraih profit. Sebaiknya praktikkan di akun virtual terlebih dahulu. Setelah mahir, baru memakai akun riil.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan atau didiskusikan mengenai trading, silakan bergabung di Forum Wormtraders. Caranya mudah dan gratis. Klik banner JOIN NOW pada artikel ini. Ikuti langkahnya hingga tuntas.

Selamat mencoba.

UK Jurnal Trading Wormtraders