Arah gerak pasar dapat berubah dengan cepat, pada waktu yang tak bisa dipastikan. Seorang trader harus siap menghadapi setiap kemungkinan gerakannya. Tak terkecuali saya.

Itulah mengapa pada setiap jurnal trading, saya turut membagi strategi-strategi hasil dari pembelajaran, analisis, dan pengalaman pribadi.

Kali ini saya akan melanjutkan pembahasan dari sembilan momen terbaik trading pada tren dominan bagian kedua. Pada momen kedua ini kita masih akan memanfaatkan tren naik (bullish) yang dominan, dengan reversal pattern. Ada beberapa ketentuan yang masih sama dengan momen pertama, yaitu:

  1. Pilih instrumen dengan grafik small body candle dan rapat, artinya rentang harga pada kondisi ini sangat stabil dan terus mengikuti tren.
  2. Pastikan tidak ada dominasi candle yang berekor panjang, artinya tidak terdapat transaksi perlawanan yang over.
  3. Pilih instrumen dengan volatilitas rendah. Hal ini untuk menghindari pergerakan harga yang terlalu jauh walaupun pada dasarnya bebas saja memilih instrumen apapun. Namun, pastikan syarat nomor satu sudah terpenuhi.
  4. Gunakan indikator Moving Average Exponencial/EMA dengan input length 80 dan input length 200 untuk mengetahui tren dominan yang terjadi. Garis indikator ini sekaligus berfungsi sebagai batasan support dan resistance. Prinsip indikator ini juga mengindikasikan perubahan tren dominan bila kedua garis indikator tersebut berpotongan. Jika garis EMA 200 berada di bawah garis EMA 80, maka terjadi tren naik dominan. Sebaliknya, jika garis EMA 200 berada di atas EMA 80, maka terjadi tren turun dominan.
  5. Pilih indikator Parabolic SAR atau sering disebut PSAR. Saat indikator PSAR berada di atas grafik candle, artinya terjadi tren turun, begitu pun sebaliknya. Saat indikator PSAR berada di bawah grafik candle, maka terjadi tren naik.
  6. Selain kedua indikator tadi, kita juga memakai indikator Moving Average atau MA, dengan input length 5 dan 10. Indikator ini digunakan untuk membaca terjadinya perubahan tren kecil. Jika garis MA 10 berada di bawah garis MA 5, maka terjadi tren kecil naik. Sebaliknya, jika garis MA 10 berada di atas MA 5, maka terjadi tren kecil turun.
  7. Pada setiap melakukan open position, pastikan tidak lebih dari 20 persen usia candle.
  8. Durasi trading dua kali dari periode time frame.

Ada pun parameter mutlak yang harus terpenuhi secara keseluruhan untuk menghindari fake signal pada open position di momen kedua ini, dan merupakan pembeda dari momen sebelumnya adalah:

  1. Harus didahului adanya reversal pattern hingga rebound candle menyentuh garis level harga support EMA 80.
  2. MA 5 dan MA 10 harus mulai menyempit namun tidak harus berpotongan.
  3. Harus ada satu candle naik (hijau) sebagai candle konfirmasi.
  4. Titik indikator Parabolic SAR sudah berada di bawah candle sebelum terbentuk candle baru setelah candle konfirmasi berakhir. Hal ini disebabkan indikator PSAR bersifat leading.

Baca juga: 9 Momen Terbaik Trading pada Tren Dominan (1)

Perhatikan gambar di bawah. Pada tanggal 29-05-2018 pukul 14:18 WIB di kelas aset volatility 10 index dengan periode time frame 3 menit, grafik menunjukkan kondisi pasar sedang mengalami tren naik (bullish) dominan. Pada transaksi di bawah ini terlihat telah memenuhi parameter mutlak untuk melakukan open position.

Saya segera melakukan open position buy higher di harga 8.249,117 dengan durasi trading 6 menit. Pada saat kontrak waktu berakhir, posisi ada di harga 8.251,473. Ini berarti saya mendapat profit, karena spot akhir lebih tinggi dari spot masuk. Perhatikan lingkaran pada gambar di bawah yang menunjukan besarnya profit yang diperoleh.

Demikian pembahasan untuk momen ke-2 dari 9 momen terbaik pada tren dominan. Ikuti terus Jurnal Trading di wormtraders.com untuk pembahasan strategi di momen berikutnya.

Tentunya, jangan lupa untuk mempraktikkan semua strategi dengan menggunakan akun virtual terlebih dahulu. Setelah terbiasa dan kian mahir, dapat lebih percaya diri menggunakan akun riil.

Bagi Anda yang ingin belajar trading binary options dengan bimbingan saya secara langsung dapat mengikuti Binary Options Trading Camp atau Binary Option Private Class yang secara rutin diadakan oleh Wormtraders.

Caranya, klik banner Traders Camp yang ada di landing page untuk registrasi, atau hubungi surel, nomor telepon yang ada pada brosur tersebut.

Ikuti juga forum Wormtraders untuk berdiskusi dan bertukar pengalaman trading bersama para trader lainnya, dengan cara klik banner JOIN NOW pada artikel ini, ikuti langkahnya hingga tuntas.

Happy trading…!

UK Jurnal Trading Wormtraders