Piawai memanfaatkan kondisi tren dominan yang terjadi di pasar membuat trader tidak mati gaya selagi menunggu saat tepat untuk open position. Artinya, jika trader memiliki banyak strategi maka bisa dengan leluasa masuk pasar sesuai momen terbaiknya.

Pada 9 momen ini saya banyak memberikan strategi menaklukkan pasar saat tren naik dominan. Ini menunjukkan bahwa dalam satu kondisi pasar saja kita sudah bisa mendapat 9 strategi trading untuk mendapat profit.

Nah, kali ini memasuki momen yang ke-4, dan momen ini tetap hanya diterapkan pada pasar dengan tren naik dominan. Masih ingat dengan strategi yang dibahas sebelumnya?

Saya harap young traders bukan mengingat saja ya, namun harus sudah menguasainya dengan baik. Karena semua strategi trading yang sudah saya share dalam Jurnal Trading ini, harus sering dilatih untuk menumbuhkan kepekaan sebagai seorang trader.

Pada momen ke-4 ini masih memiliki beberapa persamaan dengan momen ke-3 sebelumnya. Dan berikut merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi:

  1. Tren yang terjadi harus tren naik dominan.
  2. Didahului adanya rebound/reversal pattern hingga mendekati garis EMA 200. Namun  tidak menyentuh garis EMA 200.
  3. Hanya fokus pada indikator EMA 80 dan EMA 200.
  4. Candle berada di antara EMA 80 dan EMA 200.
  5. Harus terlebih dahulu ada persilangan antara MA 5 dan MA 10. Artinya, tidak boleh open position apabila belum terjadi persilangan antara MA 5 dan MA 10. Fungsi dari MA 5 dan MA 10 ini adalah sebagai triger untuk melakukan open position.
  6. Setelah terjadi rebound/reversal pattern yang ditandai candle merah, harus ada satu candle konfirmasi naik (hijau) terlebih dahulu, dan segera lakukan open position.

Baca juga: 9 Momen Terbaik Trading pada Tren Dominan (3)

Sebelum lanjut pada tahap berikutnya, saya akan membahas terlebih dahulu, mengapa harus ada persilangan antara MA 5 dan MA 10?

Sebagaimana telah dijelaskan pada momen ke-3 sebelumnya, dibandingkan dengan indikator yang lain, indikator Moving Average merupakan indikator paling sederhana. Namun, apabila kita dapat menggunakannya dengan tepat, maka akan menjadi indikator yang dahsyat, karena bisa dijadikan andalan dalam menentukan arah tren.

Pemilihan periode yang tepat pada Moving Average akan sangat membantu dalam menentukan tren harga. Semakin kecil periode yang digunakan dalam Moving Average, kian sensitif pada pergerakan harga.

Saat kedua garis tersebut bersilangan berarti akan terjadi perubahan tren kecil atau bisa disebut juga rebound/reversal pattern.

Sinyal yang menunjukkan tren naik terjadi jika Moving Average dengan input length lebih pendek memotong ke atas Moving Average dengan input length lebih panjang atau biasa disebut sebagai golden cross.

Sinyal yang menunjukkan tren turun terjadi jika Moving Average yang lebih pendek memotong ke bawah Moving Average yang lebih panjang atau disebut dead cross. Saat persilangan inilah momen baik sebagai sinyal untuk open position.

Setelah paham mengapa digunakan MA 5 dan MA 10, kita masuk ke langkah berikutnya yaitu menganalisis grafik, di mana pada momen ke-4 ini masih berlaku ketentuan umum dari 9 momen lainnya yaitu,

  1. Pilih instrumen dengan grafik small body candle dan rapat, artinya rentang harga pada kondisi ini sangat stabil dan terus mengikuti tren.
  2. Pastikan tidak ada dominasi candle yang berekor panjang, artinya tidak terdapat transaksi perlawanan yang over.
  3. Pilih instrumen dengan volatilitas rendah. Hal ini untuk menghindari pergerakan harga yang terlalu jauh walaupun pada dasarnya bebas saja memilih instrumen apapun. Namun, pastikan syarat nomor satu sudah terpenuhi.
  4. Gunakan indikator Moving Average Exponencial/EMA dengan input length 80 dan input length 200 untuk mengetahui tren dominan yang terjadi. Garis indikator ini sekaligus berfungsi sebagai batasan support dan resistance. Prinsip indikator ini juga mengindikasikan perubahan tren dominan bila kedua garis indikator tersebut berpotongan. Jika garis EMA 200 berada di bawah garis EMA 80, maka terjadi tren naik dominan. Sebaliknya, jika garis EMA 200 berada di atas EMA 80, maka terjadi tren turun dominan.
  5. Pada setiap melakukan open position, pastikan tidak lebih dari 20 persen usia candle.
  6. Durasi trading dua kali dari periode time frame.

Jika semua ketentuan di atas telah terpenuhi, saatnya kita melihat grafik. Perhatikan gambar di bawah ini, pada tanggal 24/05/2018 pukul 06:13 WIB pada kelas aset Volatility 50 index mengalami tren naik yang dominan dengan rebound/reversal pattern. Di sini saya menggunakan time prame 1 menit. Lingkaran merah pada grafik menunjukkan kondisi candle di antara EMA 80 dan EMA 200.

Langkah selanjutnya:

  • Tentukan durasi waktu 2 menit.
  • Isi jumlah modal sesuai kemampuan Anda. Di sini saya menggunakan modal US$ 100.
  • Segera lakukan open position setelah ada candle konfirmasi selesai terbentuk.

Grafik di atas telah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan, maka saya segera melakukan open position buy higher di harga 256.2190.

Perhatikan gambar di atas. Pada saat kontrak waktu berakhir, yaitu di posisi harga 256.2565, ini menghasilkan profit sebesar US$ 94,25 (94,25 persen) ditunjukkan oleh lingkaran biru.

Strategi ini bisa dijadikan andalan untuk dapat meraih profit, dengan catatan segera dipraktikan dan kuasai, ya. Sebab tanpa mencoba, semua hal yang saya berikan ini akan sia-sia.

Baca juga: 9 Momen Terbaik Trading pada Tren Dominan (2)

Demikian pembahasan untuk momen terbaik trading pada tren dominan sesi 4. Ingatlah selalu, practice makes perfect.

Segera buka akun Binary Otions untuk mulai belajar praktik trading. Caranya, klik banner binary yang ada di landing page, ikuti langkah sign up hingga tuntas. Anda bisa bergabung di Forum Wormtraders untuk dapat berdiskusi seputar trading binary options. Caranya mudah dan gratis, klik saja banner JOIN NOW pada artikel ini, ikuti langkahnya hingga tuntas.

Jika Anda ingin mendapat bimbingan trading secara langsung dari saya, silakan ikuti Binary Option Private Class atau Binary Options Trading Camp yang rutin diadakan Wormtraders pada setiap bulannya. Caranya, klik banner trading camp yang ada di landing page, atau hubungi alamat surel, nomor telepon yang tertera pada brosur.

UK Jurnal Trading Wormtraders