Mudik adalah tradisi tahunan yang selalu dilakukan masyarakat Indonesia di setiap  Lebaran. Mudik dengan mobil yang diikuti ribuan kendaraan bisa dipastikan sangat melelahkan. Agar perjalanan mudik dengan mobil pribadi tetap nyaman, Anda harus melengkapi kendaraan dengan aksesori mobil yang keren dan asyik.

Aksesori mobil  akan membantu kenyamanan dan keamanan selama berkendara. Selain juga membuat Anda terlihat paham bagaimana membuat mobil nyaman. Terlebih jika mudik bersama keluarga, terutama membawa serta anak-anak.

Yang harus diperhatikan adalah, di mana Anda meletakkan benda-benda ini. Jangan sampai yang niat awal ingin berkendara aman dan nyaman, justru malah berbalik mencelakakan pengendara dan penumpangnya. Berikut adalah daftar aksesori yang sebaiknya ada di dalam mobil. Terutama untuk mendukung perjalanan jarak jauh.

Aksesori mobil ini mudah Anda dapatkan pada toko aksesori mobil, seperti Atrium Senen, Kemayoran, Kebon Jeruk, Duren Sawit, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang memiliki keterbatasan waktu dapat memesan aksesori mobil secara online.

Iman, salah seorang penjual aksesori mobil di Atrium Senen menjelaskan, aksesori mobil tidak hanya menambah kenyamanan pengendara dan penumpang. Tapi juga dapat membuat perjalanan jadi menyenangkan walaupun harus menempuh jarak ratusan kilometer.

Ia menambahkan, untuk mobil baru biasanya konsumen sudah mendapat tambahan aksesori, seperti karpet mobil, kunci stir, kaca film, hingga sarung jok. “Selain aksesori ini Anda juga bisa mendapatkan aksesori tambahan lainnya untuk mendukung perjalanan mudik Anda,” ungkapnya.

Sedangkan bagi yang belum memiliki aksesori mobil, wajib untuk melengkapi kendaraan Anda dengan aksesori mobil. Menurut Iman, menjelang Lebaran, aksesori yang cukup diminati di antaranya, lampu LED, roof rack, parfum mobil, dan audio mobil.

Global Positioning System (GPS)

Mobil sekarang memang banyak yang sudah memiliki fitur navigasi berbasis GPS yang biasanya tertanam di dalam head unit. Atau, Anda memiliki telepon genggam berkemampuan navigasi? Namun, jika mobil Anda belum punya fitur seperti ini, ada baiknya sambangi toko-toko gadget.

Alat GPS seperti Garmin, Tomtom, dan sebagainya cukup presisi dalam menunjukkan arah dan posisi. Tidak seperti GPS di handphone, alat ini tidak menggunakan pulsa operator seluler. Harganya memang tidak bisa dibilang murah, namun kegunaannya sangat tinggi. Apalagi dalam perjalanan jauh menuju daerah yang belum familiar.

TV double din

Jangan lupakan TV double din yang bisa membuat perjalanan mudik lebih menyenangkan. Kehadiran TV double din di dalam mobil bisa dimanfaatkan untuk menonton film-film seru.

Terutama jika mudik bersama anak-anak, TV double din merupakan pengalih perhatian yang sangat efektif untuk mengusir rasa bosan sepanjang perjalanan. Harga TV double din cukup bervariasi, dengan minimal harga Rp 800 ribu.

Car charger

Di zaman modern ini, smartphone tidak dapat dilepaskan dari seseorang. Bahkan ketika mudik, smartphone menjadi hiburan utama karena memiliki banyak fungsi seperti main games, penunjuk jalan, dan social media.

Perjalanan mudik jarak jauh kadang akan membosankan jika smartphone kesayangan kehabisan baterai. Jadi, keberadaan car charger memang sangat dibutuhkan. Ketika daya baterai smartphone melemah, langsung saja gunakan car charger yang disambungkan pada lighter di mobil. Harga car charger cukup murah bisa dibeli dengan harga Rp 50 ribuan.

Kasur udara

Perjalanan yang panjang saat mudik memang kerap membuat letih dan mengantuk. Sementara, tidur di kursi mobil bisa dibilang kurang nyaman. Karena itu, kasur udara khusus mobil bisa menjadi solusi.

Kasur udara akan sangat berguna jika ingin meluruskan badan selama beberapa jam. Selain itu, penyimpanannya juga tidak memakan banyak tempat. Harga kasur udara khusus mobil dimulai dari Rp 250 ribuan.

Car organizer

Biasanya saat mudik Lebaran, barang bawaan cukup banyak. Oleh karena itu, gunakanlah car organizer yang bisa menyimpan berbagai perlengkapan mulai dari tisu, mainan anak, hingga makanan dan minuman.

Dengan car organizer, mobil akan lebih rapi dan barang-barang yang disimpan akan lebih mudah ditemukan. Harga car organizer tidak mahal. Bahkan ada yang bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 35 ribu saja.

Roof rack  

Barang bawaan yang banyak seharusnya tidak membuat perjalanan mudik jadi kurang nyaman.  Salah satu cara menysiasati barang bawaan yang banyak ketika mudik adalah menggunakan roof rack.

Dengan roof rack, tidak semua barang perlu dimasukkan ke dalam mobil karena fungsinya sebagai tempat penyimpanan barang di atap mobil. Harga roof rack cukup bervariasi mulai dari Rp 300 ribuan hingga jutaan rupiah, tergantung tipe, merek, dan spesifikasinya.

Pengharum mobil

Terakhir, pastikan memiliki stok pengharum mobil yang cukup selama perjalanan mudik. Jangan sampai kehabisan, karena pengharum mobil sangat berguna untuk melawan bau-bau tidak sedap yang bisa membuat mudik jadi kurang nyaman. Harganya tentu tidak mahal. Bahkan, ada yang cuma sekitar belasan ribu rupiah.

Portable vacuum cleaner 

Portable vacuum cleaner adalah vacuum cleaner kecil yang sumber dayanya berasal dari baterai bawaannya atau dari soket listrik yang ada di mobil. Alat ini berguna untuk membersihkan bagian interior mobil, sehingga terlihat resik dan nyaman. Pastikan ukurannya cukup compact, sehingga tidak terlalu memakan tempat di mobil.

Air Purifier

Kualitas udara di mobil juga menentukan kenyamanan dan, tentunya, kesehatan. Apalagi untuk yang akan bepergian jauh. Saat ini ada banyak bentuk air purifier yang dijual di pasaran, mulai dari yang dicolok pada soket listrik, hingga yang terpasang di AC mobil. Fitur air purifier ini sebagai bawaan standar yang disembunyikan di head unit. Anda bisa mendapatkan berbagai bentuk air purifier di toko-toko aksesori mobil dengan berbagai macam harga.

Aksesori Mobil Keren Bikin Mudik jadi Asyik

Peredam mobil juga penting

Selain aksesori di atas, Anda juga harus memerhatikan aksesori kap mesin. Ketika membuka kap mesin mobil, biasanya terlihat bahan hitam yang menutup bagian bawah kap mesin.

Lapisan ini adalah peredam. Biasanya terbuat dari bahan alumunium atau bahan khusus lain. Bagi Anda yang berencana mudik, jangan sepelekan peredam mobil yang dipasang di bawah kap mesin. Selain untuk mereduksi suara mesin, bisa juga menjaga agar kap mesin itu tak mudah panas.

Menurut Repair Service Manager Workshop Departement Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurahman, fungsi utama peredam adalah untuk menyerap suara mesin ke luar atau ke dalam kabin. “Tetapi ada juga peredam kecil di atas aki. Itu lain lagi fungsinya, yaitu mencegah uap air aki menjadi karat di kap mesin,” katanya.

Iwan melanjutkan, bahan alumunium dengan glass wool berbeda fungsi. Kebanyakan, mobil keluaran terbaru menggunakan kombinasi kedua bahan itu. “Kalau yang mirip alumunium foil hanya menahan panas, sedangkan glass wool bisa mereduksi suara,” ungkapnya.

Nah, jadikan mudik Anda menyenangkan. Lengkapi mobil dengan aksesori-aksesori yang tak hanya membuat aktivitas berkendara selama mudik aman, namun juga nyaman.