Anda Ingin Kuat? Jadilah Spesialis dalam Trading

Kehidupan selalu menawarkan berbagai pilihan. Ada yang memilih berada pada wilayah umum alias tahu sedikit dari banyak hal secara umum. Ada pula yang lebih memilih tahu banyak dari sedikit hal namun kuat alias tampil sebagai spesialis. Pengetahuan umum dan spesialis tentu beda nilainya. Begitu pun dalam trading.

Untuk menggambarkan sesuatu yang bersifat umum dan spesialis, paling gampang barangkali kita bisa menengok perbedaan antara dokter umum dan dokter spesialis. Apa pun penyakit sebelum ditegakkan diagnosis secara khusus barangkali bisa ditangani oleh dokter umum. Namun, saat telah diketahui seseorang mengidap penyakit tertentu dan harus ditangani secara khusus, pasien harus berurusan dengan dokter spesialis.

Begitu pun dalam trading. Termasuk, trading binary options. Ada begitu banyak jenis trading di pasar. Begitu pun ada beberapa kelas aset diperdagangkan pada trading binary options. Jika Anda ingin tampil sebagai trader yang ingin terlibat dalam banyak aset, laiknya dokter umum, tak ada yang salah. Hanya saja, Anda tentu tidak memiliki keahlian khusus yang jadi kekuatan dalam trading laiknya dokter spesialis.

“Saat Anda terlibat dalam trading binary options, spesialisasi bisa menjadi modal yang kuat. Secara sederhana, spesialisasi adalah saat Anda hanya trading pada satu atau dua kelas aset tertentu, namun Anda menjadi pakar di situ. Ini jauh lebih baik daripada bermain di hampir semua kelas aset namun pengetahuan Anda tanggung di hampir semua kelas aset itu,” papar Wahyu U.K. Notodiputro, expert trading sekaligus founder Wormtraders Forum.

 

Fokus dan Curahkan Waktu

Tentu selalu ada plus minus dalam setiap pilihan. Pasalnya, memutuskan pilihan menjadi spesialis tanpa tahu persis segala risiko di dalamnya juga sama saja dengan maju perang tanpa amunisi memadai. Lantas apa yang harus dipersiapkan?

Sudah pasti sebagai trader spesialis, Anda harus menguasai berbagai analisis, baik fundamental maupun teknikal, terkait berbagai kelas aset yang Anda pilih. Termasuk, bagaimana Anda harus melakukan aktivitas trading dengan kelas aset tersebut pada momentum tepat. Kuncinya, Anda harus benar-benar fokus dan mencurahkan waktu untuk menggali berbagai kemungkinan terkait kelas aset yang Anda pilih.

Anda Ingin Kuat? Jadilah Spesialis dalam Trading

Apa pun kelas aset yang Anda pilih, baik itu saham, indeks, komoditas, atau pasangan mata uang, Anda harus mengenal betul seluk beluk kelas aset termaksud untuk tampil sebagai trader spesialis. Bagaimana kecenderungan kelas aset tersebut bereaksi di pasar dan bagaimana berbagai indikator atau peristiwa memengaruhi pergerakan aset di pasar. Selain itu, bagaimana suatu berita atau info mampu mengubah arah pergerakan aset di pasar, terlepas dari aset tersebut terlibat langsung atau tidak.

 

Siapkan Solusi Tanpa Diversifikasi

Salah satu kelemahan dalam strategi spesialis adalah larangan melakukan diversifikasi trading.  Dalam aktivitas bisnis apa pun, diversifikasi sering diambil untuk memecah aset dalam beberapa keranjang. Harapannya, tentu, jika satu aset gagal, masih ada peluang profit pada aset lainnya.

Nah, lantas apa harus dilakukan oleh seorang trader spesialis untuk meminimalkan risiko loss trading pada hanya satu aset? Menentukan beberapa timeframe atau expiry time, adalah salah satu solusi untuk keluar dari situasi sulit saat aset jagoan Anda terancam loss.

“Selain itu bisa ditemukan cara lainnya. Misalnya saat Anda fokus pada kelas aset saham, Anda bisa menciptakan pertumbuhan jangka panjang kepemilikan saham yang Anda miliki dengan menggandeng pialang pada saham tradisional. Namun, tetap harus dipertimbangan berbagai risiko dan biaya yang menyertai pilihan ini,” jelas U.K. (baca: Yuuke), panggilan akrab Wahyu, yang sudah empat tahun lebih malang melintas di berbagai jenis trading.

Anda Ingin Kuat? Jadilah Spesialis dalam Trading

Langkah paling tepat sudah pasti menyiapkan segala ilmu terkait kelas aset yang Anda pilih dan jadi juara. Menyimak segala data fundamental terkait aset adalah amunisi paling pertama yang harus disiapkan. Cermati segala informasi terkait neraca perdagangan, volume, dan masih banyak lagi yang membawa pengaruh signifikan terhadap pergerakan aset di pasar.

 

Simak Kekuatan Kelas Aset Pilihan

Jika Anda ingin fokus pada kelas aset saham, simak laporan keuangan perusahaan dan angka penjualan mereka. Sedang jika indeks jadi pilihan, pelajari kinerja perusahaan-perusahaan yang memengaruhi pergerakan indeks. Sementara jika komoditas lebih membuat Anda tertarik, pelajari kecenderungan aksi beli dan jual, permintaan, dan bagaimana potensi pertumbuhan komoditas tersebut di pasar.

Lantas, saat Anda lebih fokus pada kelas aset pasangan mata uang, memahami kondisi perekonomian kedua negara adalah wajib hukumnya. Anda harus tahu betul ketika bank sentral kedua negara meluncurkan keputusan-keputusan yang bisa memengaruhi permintaan jangka pendek terhadap mata uang tersebut. Atau, berbagai indikator fundamental yang mampu mendongkrak nilai mata uang atau membuatnya terpuruk.

Apa pun pilihan Anda, jangan abaikan sentimen dan opini publik. Sering faktor fundamental ini memengaruhi pergerakan pasar, bahkan dengan cara yang tak terduga atau tidak logis. Yang pasti, semakin fokus Anda pada kelas aset tertentu, pengetahuan Anda pun akan semakin baik. Anda akan semakin piawai dalam memprediksi arah pergerakan pasar yang berbuah profit demi profit yang mengalir deras pada akun Anda.

Selain fokus dan selalu siap dengan berbagai solusi, jangan ragu untuk bergabung dengan berbagai forum trader. Salah satunya, Wormtraders Forum. Melalui forum-forum trader ini Anda bisa  berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait trading. U.K. bahkan siap berbagi ilmu kepada para young traders pada Wormtraders Forum.

Nah, tunggu apalagi. Ayo segera bergabung dengan Wormtraders Forum. Caranya gampang, klik banner bertulis JOIN NOW di atas untuk bergabung dengan Wormtarders Forum dan siap menimba ilmu, sharing, dan mengikuti berbagai info terkait trading binary options. Termasuk, bagaimana Anda tampil sebagai spesialis trader.