Antara ITM, OTM, dan ATM dalam Trading

Setiap jenis perdagangan selalu berkaitan dengan persoalan jual beli dan harga yang ditetapkan. Lewat kesepakatan harga itulah, suatu bisnis berakhir dengan keuntungan (profit) atau kerugian (loss). Begitu pun dengan aktivitas trading binary options.

Dalam trading binary options dikenal berbagai istilah terkait persoalan jual beli dan kesepakatan harga (strike price). Selain itu juga dikenal berbagai instrumen, indikator, dan berbagai varian yang memandu ke arah pengambilan opsi terhadap aset atau komoditas.

“Setelah penetapan opsi terhadap aset atau komoditas, aktivitas trading binary options diikuti dengan pengambilan keputusan terhadap harga. Penetapan harga dimulai dari proses prediksi terhadap pergerakan harga yang berujung pada kesepakatan harga atau strike price dalam rentang waktu (expired time) yang disepakati,” jelas Wahyu U.K Notodiputro, expert trading yang akrab disapa dengan U.K (baca : Yuuke).

Selanjutnya, dalam trading dikenal berbagai istilah terkait hasil akhir yang menempatkan seorang trader pada posisi meraih keuntungan, kerugian, atau tidak dua-duanya. In the money (ITM), out of the money (OTM), dan at the money (ATM) adalah istilah-istilah dalam trading yang mengacu kepada ketiga hal tersebut.

ITM, Dambaan Setiap Trader

Antara ITM, OTM, dan ATM dalam Trading

Siapa ingin merugi dalam bisnis yang dijalani? Begitu pun pada trading binary options. In the money (ITM) adalah posisi trading yang menjadi dambaan setiap trader. Sebab, ITM berarti profit atau keuntungan.

Sebelum bicara lebih jauh tentang ITM, OTM, dan ATM, mari mengenal terlebih dahulu tentang opsi beli dan opsi jual yang mewarna aksi perdagangan. Opsi beli lebih dikenal dengan istilah call option. Opsi ini ditandai dengan keputusan pembelian suatu aset pada harga kesepakatan (strike price) dalam rentang waktu (expired time) tertentu yang disepakati.

Sedangkan harga jual lebih dikenal dalam istilah put option. Senada dengan call option, put option ditandai dengan keputusan menjual sebuah aset pada strike price. Menjadi profit atau loss tergantung ketepatan prediksi harga pada expired time yang disepakati.

Nah, mengapa ITM menjadi dambaan seluruh trader di muka bumi? ITM merujuk kepada posisi trading yang menguntungkan. Pada opsi Call, disebut ITM jika strike price berada pada posisi kurang dari harga aset saat transaksi. Sedangkan pada opsi Put, harga kesepakatan atau strike price lebih besar dari harga aset pada saat transaksi.

Ambil contoh, Anda berada dalam posisi ITM ketika memutuskan opsi Call dan harga aset saat ini lebih tinggi daripada price point saat perdagangan dimulai. Ketepatan prediksi ini menempatkan Anda pada posisi ITM. Profit pun mengalir pada akun Anda.

OTM, Mendadak Bad Mood

Selain ITM, dalam aktivitas trading dikenal istilah out of the money (OTM). Kebalikan ITM, OTM adalah musuh bersama para trader. Sebab, OTM berarti loss atau kerugian. Tak pelak, OTM kerap membuat para trader mendadak bad mood, bahkan mati gaya untuk melakukan trading berikutnya.

Disebut OTM jika pada opsi Call harga kesepakatan lebih besar dari harga aset pada saat transaksi. Sedangkan pada opsi Put, strike price berada pada posisi kurang dari harga aset pada saat transaksi.

Sebagai gambaran paling gampang, Anda memrediksi harga aset akan naik. Pada kenyataannya, ternyata harga aset tersebut turun. Jika kondisi tersebut tetap bertahan hingga expired time berakhir, sudah pasti Anda mengalami loss.

Antara ITM, OTM, dan ATM dalam Trading

Selain ITM dan OTM ada posisi ATM. Posisi trading dikatakan berakhir pada posisi ATM jika strike price berada pada posisi sama dengan harga aset pada saat transaksi. Posisi ini berlaku baik pada opsi Call atau pun Put. Artinya, tidak ada keuntungan atau pun kerugian pada aktivitas trading. Dana tetap aman pada akun masing-masing trader.

Aktivitas trading akan berada pada posisi ITM, OTM, atau pun ATM sangat tergantung dari kemampuan trader dalam melihat berbagai indikator trading. Selain kemampuan trading, seperti dikatakan U.K, kemampuan manajemen risiko dan pengendalian emosi sangat memegang peranan penting.

“Kemampuan trading, manajemen risiko, dan pengendalian emosi akan terasah pada aktivitas trading itu sendiri. Semakin tinggi jam terbang, akan semakin mahir seorang trader mengendalikan ketiga faktor tersebut,” tandas U.K, founder wormtrader forum.

Pemegang International Certified Trader ini pun mengajak para calon trader, trader pemula, atau pun trader dengan jam terbang lebih tinggi untuk bersama-sama menimba ilmu. Melalui wormtraders forum, mereka bisa mendiskusikan dan sharing ilmu trading bersama.

Nah, tunggu apalagi. Segera lakukan sign up forum hingga tuntas dan buka akun Binary dengan klik salah satu banner binary pada landing page.