Seperti halnya harga yang dipengaruhi gejolak pasar, trader juga dipengaruhi suasana hati dalam melakukan trading, dan jika mengenai uang biasanya sangat sensitif, banyak emosi yang muncul karenanya, baik positif atau negatif, jika emosi positif misalnya riang, gembira akan berpengaruh positif juga pada trading, sebaliknya emosi negatif misal sedih, marah akan berpengaruh negatif pada trading, jadi kalau kamu baru putus cinta segeralah move on.

Emosi negatif yang sering melanda kebanyakan trader dan sangat mempengaruhi proses trading yaitu ketakutan dan keserakahan. Masalahnya, tidak ada yang dapat mengontrol kedua emosi negatif tersebut selain trader itu sendiri. Dalam hal ini trader bukan hanya harus jago memprediksi, menganalisis pasar. Namun juga harus piawai dalam mengotrol diri.

“Seorang trader harus tahu kapan masuk trading, berapa banyak modal, berapa lama harus bertahan, kapan harus keluar dari trading jika kondisi sesuai keinginan atau sebaliknya, jika tidak maka trader akan terjebak oleh negative emosions” Ujar Wahyu U.K. Notodiputro (Expert trading, Founder wormtraders.com)

Bagaimana mengatasi negative emosions?

“Untuk menghindari kerugian yang ditimbulkan oleh negative emosions saat trading, kamu harus punya pola trading yang sesuai denganmu. Jika tidak memiliki pola yang tegas maka seberapa hebat pun kamu dalam trading, pada akhirnya negative emosions akan menguras semua profitmu. Kamu harus tanyakan pada diri sendiri bagaimana cara agar dapat meminimalkan loss, atau membalikannya menjadi profit. Pola setiap trader akan berbeda sesuai kepribadian masing-masing.” Jelas U.K.

Banyak trader beranggapan resiko tinggi akan memberi keuntungan lebih besar, ini adalah anggapan yang salah.

“Agar trading sukses menghasilkan profit, kamu harus dapat mengukur berapa banyak modal yang dikeluarkan, harapan keuntungan yang didapat, dan strategi apa yang dipakai. Berdasarkan pengalaman, keuntungan 30% – 40% perbulan dari modal itu sudah sangat bagus, yang paling penting konsisten.” lanjut U.K.

Pemilihan pola yang tepat seperti halnya memilih pasangan hidup, sebab akan selalu menemani selama kamu berpetualang dalam trading. Jika pola itu sejalan denganmu maka kenyamanan dalam trading akan tercipta dan profit pun mengikuti. Tapi sebaliknya jika pola yang kamu pilih tidak seiring sejalan maka kegelisahan melanda, loss pun terus menghampiri. Makanya pandai-pandailah memilih pola dalam trading sebab itu menentukan nasibmu di dunia per-trading-an.

Dalam usaha untuk menemukan pola yang cocok untukmu sebagai trader pemula kamu bisa manfaatkan akun virtual, di sini kamu lebih leluasa mencoba berbagai metode yang kamu anggap cocok, sebelum nanti kamu terjun pada rill akun. Kamu akan berlatih mengambil keputusan kapan harus masuk trading, berapa modalnya, sampai kapan kamu harus bertahan pada satu posisi, kapan harus keluar dari trading yang tidak sesuai keinginan atau yang sesuai keinginan. Tentu di sini kamu tanpa beban emosi sebab masih dalam masa coba-coba, tapi sebaiknya latihlah rasamu seolah-olah trading sesungguhnya, hal ini baik untuk melatih kebiasaan saat trading dengan rill akun. Mulailah sekarang, klik salah satu banner binary pada landing page. Ikuti prosedur sign up forum hingga tuntas.

Sedikit tips praktis dari saya, jika kamu sedang trading merasa dihampiri negative emosions segeralah ambil napas panjang, kalau bisa keluar ruangan terlebih dulu menghirup udara segar, berdiri tegak, atur napas, kurang lebih 10 menit cukup. Lalu ambil hp atau laptopmu buka wormtraders.com baca-baca dulu untuk mengingatkan teori atau up date informasi. Setelah cukup relaks mulailah kembali trading dengan pola andalanmu. Selamat mencoba… happy selalu!