Aktivitas trading Binary Options memiliki risiko terukur. Namun, bukan berarti tak perlu melengkapi diri dengan strategi manajemen risiko. Jika mampu lebih efektif dan cerdik menerapkan manajemen risiko, aksi trading pun akan kian solid.

Salah satu cara meraih keuntungan lebih tinggi adalah memecah dana atau modal pada beberapa aset. Langkah ini sekaligus menyebar peluang lebih besar untuk win. Jika pun ada beberapa yang loss, masih ada harapan return lebih besar pada aset lainnya. Bandingkan jika hanya trading di satu aset dengan memperdagangkan seluruh dana dan loss.

“Demikian pula skema yang harus dikembangkan dalam mengelola manajemen risiko. Kita harus memecah beberapa kemungkinan risiko sebagai upaya menelan kerugian atau loss yang kian besar. Kita harus jeli kapan menerapkan cut loss atau membuka peluang baru dalam situasi floating loss,” jelas Wahyu U.K Notodiputro, expert trading sekaligus founder wormtraders.com yang akrab disapa U.K (baca : Yuuke), dalam sebuah kesempatan.

Cerdik Kelola Manajemen Risiko, Trading pun Kian Solid

Cermati Risk Exposure

Pertanyaan paling pertama harus dijawab adalah berapa persen modal dari deposit yang ingin Anda perdagangkan hari ini atau dalam setiap transaksi  dan berapa persen kemungkinan risiko terjadi (risk exposure). Ini tentu sangat terkait dengan opsi yang harus dipilih saat memutuskan pada aset mana Anda akan bertarung.

Langkah cermat dan berani dalam menyimak risk exposure akan berdampak pada ketahanan seorang trader. Bahkan, saat dia menghadapi situasi atau pilihan paling buruk sekali pun.

Ambil contoh, Anda telah menetapkan risk exposure sebesar 3% dari akun Anda. Bila Anda memiliki deposit sebesar US$10.000, maka Anda harus menetapkan stop loss atau memperdagangkan modal pada angka US$300.

“Faktanya, dalam setiap aktivitas trading memang tidak selalu berjalan secara matematis. Namun, dengan menerapkan parameter-parameter dalam manajemen risiko, paling tidak sebagai trader kita mampu menekan risiko seminimal mungkin,” lanjut U.K yang tak segan berbagi ilmu trading melalui wormtraders forum.

Cerdik Kelola Manajemen Risiko, Trading pun Kian Solid

Risk Reward Rasio, Bukan Spekulatif

Dalam aktivitas trading, apa pun jenisnya, risiko rajin mengintai. Apalagi, jika dalam trading kita hanya mengandalkan spekulasi-spekulasi tanpa parameter yang jelas. Termasuk, parameter me-manage risiko.

Selain risk exposure, langkah baik untuk diterapkan terkait manajemen risiko adalah manajemen risk reward ratio (RRR). Konsep manajemen risiko RRR bekerja pada ranah perbandingan antara risiko dengan hasil yang diharapkan dalam setiap transaksi.

Saat kita mengambil pilihan rasio 1:3 misalnya, maka dalam pilihan opsi sebesar US$300 kita berharap hasil sebesar US$900. Pada angka ini pula trader memiliki parameter terukur jika kemungkinan buruk loss terjadi.

Untuk menentukan konsep RRR dalam aktivitas trading yang Anda terapkan, lagi-lagi harus disesuaikan dengan ketahanan finansial Anda terhadap berbagai risiko. Bisa saja diterapkan rasio RRR antara 1:2, 1:3, atau bahkan 1:4 dan 1:1 secara tunggal atau bersamaan dalam beberapa aset untuk membuka peluang keuntungan lebih besar. Kuncinya, harus menerapkan manajemen risiko secara cermat, bukan spekulasi.

Cerdik Kelola Manajemen Risiko, Trading pun Kian Solid

Frekuensi Menentukan Hasil

Kepiawaian seorang trader dalam mengelola manajemen risiko sudah pasti berbanding lurus dengan frekuensi trading yang dia lakukan. Seberapa sering Anda melakukan trading, sesering itu pula kemampuan mengelola risiko terasah. Nah, seberapa sering Anda trading?

Tak hanya keberanian, kemampuan mengelola manajemen risiko juga membuat Anda lebih kreatif dalam trading. Jika risk exposure sebesar 3% tidak cukup aman, Anda dengan cepat menurunkannya menjadi 1,5%, misalnya. Atau, Anda dengan cepat bisa mengambil opsi call lainnya jika aset tertentu yang Anda pilih berada dalam posisi floating loss atau bahkan loss. Begitu pun saat Anda memutuskan expired time terhadap aset yang ingin Anda perdagangkan.

Saat Anda piawai mengelola, membedah, dan membagi risiko dalam beberapa opsi, aktivitas trading Anda pun akan kian solid. Segera beraksi dan cermati beragam risiko yang ada.

Selain frekuensi trading, jangan malas untuk berbagi ilmu lewat womtraders forum. Segera lakukan sign up forum hingga tuntas dan Anda juga bisa membuka akun Binary pada  klik salah satu banner binary pada landing page. Ayo cerdas me-manage risiko untuk meraih hasil wow.