PT Pelabuhan Indonesia ll (Persero) atau IPC meresmikan IPC Corporate University (IPC CorpU) sebagai entitas pembelajaran untuk mengintegrasikan pengembangan sumber daya manusia dalam organisasi IPC.

Keberadaan IPC CorpU di Divisi Pembelajaran, Direktorat Sumber Daya Manusia IPC, diharapkan akan menjawab kebutuhan organisasi ke depan, dalam rangka meningkatkan kinerja dan daya saing perusahaan serta eco-system bisnisnya.

Secara simbolis, peresmian IPC CorpU dilakukan oleh Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis, Kementerian BUMN, Hambra, dan disaksikan oleh Komisaris Utama IPC, Tumpak Panggabean, serta seluruh Jajaran Direksi IPC, di Kampus IPC Corporate University, Bogor, Jawa Barat, belum lama ini.

Dorong Pengembangan SDM, IPC Resmikan IPC Corporate University

Direktur Utama IPC, Elvyn G Masassya, mengatakan untuk mewujudkan visi IPC sebagai pengelola pelabuhan kelas dunia yang unggul, IPC harus memiliki sumber daya manusia unggul.

“Sebaik apapun visi, misi, strategi dan program kerja yang dirancang, tidak akan berhasil jika SDM yang mengeksekusinya tidak memiliki kompetensi memadai. Oleh karena itu strategi pengelolaan dan pengembangan SDM harus sejalan dan mampu mengimbangi kebutuhan strategi bisnis perusahaan, terlebih dalam menghadapi era Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity,” jelas Elvyn dalam keterangan pres.

Elvyn menegaskan, Direksi berkomitmen untuk berperan sebagai Dewan Pembelajaran (Learning Council), dengan memberikan arah kebijakan terkait fokus pembelajaran yang menjadi skala prioritas, serta mengesahkan program pembelajaran utama di masing-masing akademi.

“IPC CorpU juga diharapkan dapat menumbuhkan budaya belajar bagi setiap insan IPC, karena belajar adalah hal yang mutlak harus dilakukan untuk menjaga sustainability organisasi,” ujarnya.

CTAforum wormtraders

IPC CorpU akan dijalankan dengan mengacu pada praktik terbaik dan rekomendasi Kementerian BUMN. Pada masa mendatang diharapkan IPC CorpU dapat berkolaborasi dengan CorpU BUMN lainnya dalam mempersiapkan talent pemimpin yang berkompeten di lingkungan BUMN sehingga IPC dapat memberikan sumbangsih tidak saja dalam industri kepelabuhanan namun juga dalam cross-industry di lingkungan BUMN demi kepentingan nasional.

Bagian dari Program Transformasi

Seperti diketahui IPC Corporate University ini diresmikan oleh Presiden Jokowi. Kampus ini merupakan bagian dari program transformasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi dengan kopetensi teknis kepelabuhan dan logistik, manajemen dan kepemimpinan.

Kampus utama IPC Corporate University terletak di kaki Gunung Salak seluas 5 ha, dengan fasilitas muktahir guna menghadirkan sebuah learning experience bertaraf internasional. Kampus ini terdiri dari enam bangunan megah yakni, Classroom, Warehouse  Ballroom, Residence, Simulator, dan Administration Building.

IPC Corporate University bekerjasama dengan institusi terbaik di Eropa, Amerika, Asia Pasifik, seperti IMD Business School, STC-BV, Kuhne Logistic University dan universitas terbaik di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Sepuluh November, Universitas Sriwijaya, Universitas Gajah Mada, dan Universitas Hasanuddin.CTA Banner

IPC Corporate University menekankan materi pelatihan pada unsur-unsur budaya perusahaan, kompetisi ke pelabuhan dan logistik manajemen dan kepemimpinan.