Empat Metode Investasi Pegangan Wajib Para Trader

Baik trader pemula atau pun expert trader, tanpa kecuali, harus menerapkan berbagai metode ketika melakukan aktivitas trading. Paling tidak ada empat metode investasi dasar yang harus dikuasai para trader. Jika sesuai situasi pasar, bisa dipastikan berbagai metode tersebut akan berbuah profit.

Sepintas keempat metode investasi dasar ini tampak sederhana. Namun, jika salah penerapan tentu akan berbeda hasilnya. Begitu pun satu metode tertentu belum tentu cocok untuk semua orang. Faktanya, tidak semua trader mengakhiri aktivitas trading dengan posisi in the money saat menerapkan metode tertentu.

Beberapa metode investasi juga terbukti membawa risiko lebih besar ketimbang metode investasi dasar lainnya. Oleh sebab itu, metode-metode investasi ini perlu diuji. Sebab, satu metode investasi bisa saja lebih berisiko ketimbang metode lainnya. Inilah misteri berbagai metode dasar dalam trading.

“Langkah menguji metode mana yang paling efektif diterapkan tentu saja harus praktek trading. Dalam beberapa praktek trading terkadang juga ditemukan fakta jika beberapa profit trading kecil namun berulang kali sama nilainya dengan profit satu kali dalam jumlah besar. Begitu pun dengan jumlah investasi kecil yang membawa serta risiko yang juga kecil. Semua tergantung pilihan metode investasi yang kita terapkan,” papar Wahyu U.K. Notodiputro, expert trading sekaligus founder Wormtraders Forum.

 

Metode Double Up hingga Market Pull

Sekali lagi, tidak ada metode khusus untuk trader pemula atau lanjutan, bahkan expert trader. Ada metode dasar sama yang bisa diterapkan untuk semua tingkat ketrampilan. Termasuk dalam hal ini beberapa opsi sangat mendasar bagi trader pemula.

Kendati sederhana, metode-metode ini sangat berpotensi meningkatkan profit. Sekali lagi, jika diterapkan secara pas di bawah kondisi dan situasi pasar yang sesuai.

Empat Metode Investasi Pegangan Wajib Para Trader

Mari kita mulai dari Double up Method atau metode ganda. Mengapa disebut ganda? Sebab, metode ini menerapkan syarat jumlah investasi ganda. Memang metode ini memberi peluang return yang tinggi, namun risiko yang menyertainya juga tinggi. Oleh sebab itu, perlu pertimbangan ekstra sebelum menerapkan metode ganda ini.

Pesan lainnya, pastikan pasar bergerak sesuai keinginan Anda. Bahkan, Anda harus siap memutuskan keluar jika arah pergerakan pasar berbalik arah.

Akan halnya Market Pull Method, metode ini didasarkan pada fakta jika beberapa aset terhubung satu sama lain. Begitu pun pasangan aset bisa berdampak satu sama lain, atau saling tarik menarik. Apa yang terjadi pada satu aset bisa berdampak langsung pada aset lainnya.

Saat satu aset lainnya meluncurkan produk tertentu, aset lainnya akan terpukul, begitu pun sebaliknya. Saat suatu aset berada pada posisi hits, secara tidak langsung aset tersebut membuat aset lainnya terpuruk.

Koneksi seperti ini membawa informasi atau panduan investasi. Terkadang, aset yang dipasangkan tidak harus berasal dari kategori sama. Ambil contoh, berbagai saham, komoditas, mata uang, dan indeks, semuanya berpeluang untuk saling terhubung. Artinya, berbagai aset berpeluang sebagai media penerapan metode market pull.

 

Range dan Long Shot Method

Range Method adalah metode yang paling pas diterapkan pada trading binary options yang dapat memungkinkan Anda memperoleh keuntungan dari pergerakan harga yang datar. Sangat mungkin metode ini bukan pilihan tepat saat Anda ingin membeli saham kendati bisa saja berlaku saat saham bergerak naik.

Dalam trading dengan metode range ini akan berlaku target harga, dalam pengertian harga aset harus tetap berada di antara posisi saat trading dibuka. Profit sangat mungkin diraih dari harga yang stabil. Itu artinya, metode ini sangat tidak cocok diterapkan untuk aset yang fluktuatif.

Long shot method sama sederhananya dengan tiga metode lainnya. Hanya saja metode ini memiliki risiko paling besar. Sesuai namanya, metode ini mengandung pengertian tentang bagaimana mengambil peluang.

Pada pasar tradisional, metode ini terkadang melibatkan pembelian aset yang kurang dikenal. Bahkan, berlaku pada aktivitas trading yang pada awalnya tidak begitu membawa harapan. Namun, dalam perjalanan kemudian justru memberi hasil terbaik. Sekali lagi, tentunya jika pergerakan pasar sesuai.

Nah, metode mana yang lebih cocok untuk Anda? Tentu harus melalui beberapa uji trading. Ada baiknya juga bergabung dengan berbagai forum trader, termasuk Wormtraders Forum, untuk sharing ilmu trading. Termasuk, berbagai ilmu tentang metode apa paling pantas diterapkan dalam trading pilihan Anda.

Caranya sederhana, klik banner bertulis JOIN NOW di atas untuk bergabung dengan Wormtarders Forum dan Anda bisa langsung menimba berbagai informasi terkait strategi trading. Selanjutnya, segera masuk pada aktivitas trading sesungguhnya dan temukan metode yang pas untuk pilihan trading Anda.