Harga Tak Henti Berfluktuasi, Colek Bollinger Bands

Fluktuasi harga adalah bumbu utama dalam segala aktivitas trading. Pergerakan atau fluktuasi harga ini bahkan jadi pemicu adrenalin tersendiri untuk para trader. Tanpa fluktuasi harga atau sentuhan volatilitas, aktivitas trading pun tak bergairah rasanya.

Apa pun situasi pergerakan harga terhadap suatu aset di papan trading, Bollinger Bands  menjadi satu instrumen yang sangat memandu aksi para trader. Ya, Bollinger Bands sangat membantu untuk mengukur volatilitas pasar. Dengan instrumen ini trader mampu menyimak rentang pergerakan harga aset yang diperdagangkan.

Bollinger bands menjadi indikator yang memandu para trader dalam menganalisa berbagai karakteristik fluktuasi harga aset. Dengan instrumen ini trader mengenali titik puncak dan titik terendah harga. Itu semua diperlihatkan lewat garis-garis atau grafik (band). Grafik menunjukkan saat harga aset berada dalam posisi tren atau fluktuatif,” papar Wahyu U.K Notodiputro yang akrab disapa U.K (baca : Yuuke).

Bollinger Bands, Panduan Arah Menuju Profit

Harga Tak Henti Berfluktuasi, Colek Bollinger Bands

Diciptakan pertama kali oleh John Bollinger pada era 1980-an, grafik Bollinger atau Bollinger Bands mewujud dalam tiga garis yang selalu bergerak mengikuti fluktuasi harga. Ketiga garis tersebut menunjukan arah ke atas (upper band), papan tengah (middle band), dan di area bawah (lower band).

“Sebagai panduan teknikal yang sangat bagus, tak terbantahkan jika Bollinger Bands merupakan instumen yang harus disimak dan diikuti menuju profit. Pergerakan rata-rata harga suatu aset dalam rentang waktu tertentu (middle band) adalah indikator tren yang menjadi titik penting dalam trading,” jelas U.K, expert trading yang sudah empat tahun lebih malang melintang di dunia trading.

Masih menurut U.K yang juga founder wormtraders.com dan wormtraders forum, middle band adalah pergerakan harga rata-rata dalam 20 periode. Sementara upper band dan lower band adalah penanda terjadinya fluktuasi harga yang harus diwaspadai. Keduanya merupakan dua penyimpangan/deviasi standar dari middle band.

Jika dirumuskan, upper band merupakan middle band plus dua deviasi standar. Sedangkan lower band adalah middle band minus dua deviasi standar. Rumus-rumus ini harus dikuasai agar makin mahir berbuah profit.

Bollinger Bands, Antara Tren dan Fluktuasi Harga

Harga Tak Henti Berfluktuasi, Colek Bollinger Bands

Saat harga suatu aset berada dalam kisaran pergerakan rata-rata, nyaris aktivitas trading tidak berada dalam gejolak yang berarti. Artinya, aktivitas trading berada pada indikator tren.

Namun, saat Anda kemudian melihat grafik pada Bollinger Bands saling berdekatan, saatnya Anda harus lebih memicingkan mata. Arah grafik (band) itu menjadi penanda jika aset yang sedang diperdagangkan berada dalam kisaran sempit. Mengapa penting untuk diperhatikan?

Fenomena ini biasanya justru menjadi titik pemicu harga suatu aset akan bergerak naik secara drastis atau sebaliknya menukik turun. Ingat, volatilitas ekstrem biasanya justru berawal dari fluktuasi harga yang rendah. Jadi, tetap indikator tren menjadi titik penting dalam trading.

Artinya, membeli atau melepas aset pada situasi harga menyentuh upper band atau lower band, tidak selalu tepat. Dengan menggunakan berbagai indikator Bollinger Bands yang diramu dengan indikator lainnya, peluang profit akan terbuka lebar. Bahkan, jika perlu, akan lebih baik jika Anda trading pada posisi harga aset ditutup pada posisi atas/bawah upper band atau lower band.

Yang pasti, Bollinger Bands sangat berperan baik saat pergerakan harga berada dalam kisaran tren atau berfluktuasi. Bollinger Bands menjadi sinyal penting agar arah trading makin mendekati profit.

Prinsipnya, Bolligner Bands menyediakan batasan di mana pasar dianggap lebih dari atau di bawah harga. Saat harga melampaui band di kedua sisi, itu mengindikasikan jika pasar telah bergerak terlalu cepat. Harga menjadi sangat tinggi atau sangat rendah dan cenderung akan segera menarik kembali. Sinyal ini sangat baik terutama untuk pilihan short term trading.

Nah, tunggu apalagi. Perkaya kemampuan dan feel trading melalui ajang diskusi dan sharing pada forum-forum trader. Termasuk, wormtraders forum. Segera lakukan sign up forum hingga tuntas dan buka akun Binary dengan klik salah satu banner binary pada landing page.