IBM Tuntut Mantan Pekerja yang Kini Bekerja di Microsoft

Internasional Business Machines Corp. (IBM.N) menuntut Lindsay-Rae McIntyre, pejabat eksekutif Microsoft Corp. (MSFT.O). Lindsay dituduh melanggar klausa kontrak kerja satu tahun non-kompetitif.

Lindsay-Rae McIntyre merupakan mantan kepala departemen sumber daya manusia (HRD) di IBM. Ia mengundurkan diri dari jabatannya dan pindah bekerja ke Microsoft Corp.

Dalam tuntutan yang diajukan di pengadilan federal New York, Amerika Serikat pada Senin, wakil IBM menyatakan McIntyre secara tiba-tiba mengundurkan diri dan pindah ke perusahaan pesaing. Hal ini dianggap melanggar kontrak kerja sama dengan perusahaan. Ia seharusnya tidak bekerja di perusahaan pesaing selama satu tahun. McIntyre dituduh memiliki informasi rahasia dan sensitif mengenai strategi, inovasi dan teknologi perusahaan. IBM menduga McIntyre, baik secara sengaja atau tidak, mengungkapkan rahasia perusahaan yang berpeluang membuat IBM merugi.

Seperti diketahui, beberapa perusahaan dalam kontrak kerja dengan karyawan mengunakan klausa non-kompetitif. Klausa mengatur setuju atau tidaknya tenaga kerja bekerja sebagai karyawan atau agen perusahaan yang dianggap sebagai pesaing, atau bergerak pada bidang usaha yang sama untuk periode atau jangka waktu tertentu setelah tanggal pemberhentian atau pemutusan hubungan kerja.

IBM Tuntut Mantan Pekerja yang Kini Bekerja di Microsoft

Dalam mosi yang diajukan pada Selasa, McIntyre mengatakan IBM tidak dapat menunjukkan kerugian tertentu dan IBM tidak dapat menunjukkan bukti dirinya menyalahgunakan informasi rahasia perusahaan kepada pihak lain, dalam hal ini Microsoft.

Dirinya juga membantah jika disebut pindah secara tiba-tiba. “Saya memberitahu IBM pada bulan Januari bahwa saya telah menerima posisi di Microsoft dan berhenti kerja di IBm,” tuturnya, seperti dikutip Reuters.

Sementara itu, hakim Vincent Briccetti meminta McIntyre untuk menunda kepindahannya ke Microsoft sementara waktu.

Di sisi lain, juru bicara Microsoft mengatakan pihaknya tidak tertarik dengan informasi rahasia IBM.