Tidak ada kebenaran absolut dalam bisnis. Begitu pun dengan aktivitas trading. Yang ada adalah indikator-indikator yang sangat membantu dalam perdagangan apa pun. Itulah sebabnya, wajib hukumnya menjadikan indikator sebagai teman dalam trading.

Jika ditanyakan berapa banyak indikator yang ada, tak terhitung, baik teknis atau pun non teknis. Tugas kita untuk meraih kondisi in the money adalah menggunakan indikator tersebut dengan cara benar.

“Ada banyak indikator yang mengukur hal sama meski dengan cara berbeda. Jika demikian tentu harus diminimalkan, bahkan dinegasikan. Sebab, menggunakan terlalu banyak indikator untuk satu hal saja tentu hanya akan buang-buang waktu. Dan bicara tentang indikator, sebetulnya yang terpenting dalam trading hanya empat hal, yakni momentum, tren, volatilitas, dan volume,” papar Wahyu U.K. Notodiputro yang akrab disapa U.K. (baca : Yuuke).

So, indikator yang ditangkap dengan cerdas tentu akan sangat berharga dan membantu mendatangkan profit dalam perdagangan apa pun dan di mana pun. Mencermati indikator yang benar-benar tepat, atau mengombinasikan beberapa indikator untuk menopang trading adalah langkah seharusnya.

Jadikan Indikator Sebagai Teman dalam Trading

Cara Cerdas Menyikapi Indikator

Manfaatkan waktu seefisien mungkin untuk menangkap berbagai indikator dengan cerdas. Sebab, pada dasarnya menggunakan banyak indikator adalah sebuah langkah bagus. Hanya saja, perlu digaris-bawahi, langkah tersebut harus dibatasi agar tidak terlalu berlebihan.

“Jangan sampai akibat menyimak terlalu banyak indikator Anda justru terjebak dalam situasi analysis paralysis. Bingung menganalisa banyak indikator yang berakibat tak mampu membuat keputusan tepat. Bahkan, tidak membuat keputusan sama sekali. Ini tentu jadi malapetaka dalam dunia trading,” tandas U.K., trading expert yang telah cukup lama malang melintang di dunia trading.

Berpikir cerdas dan bertindak efektif, itu modal utama dalam aktivitas trading. Pastikan Anda mengukur hal berbeda saat menggunakan lebih dari satu indikator. Ambil contoh, Anda harus tepat mencermati indikator tren dan volatilitas saat mengoperasikan aset.

Mengukur tren yang berjalan beriringan dengan volatilitas adalah kombinasi ideal. Tren akan memperkuat Anda dalam penetapan harga. Sementara volatilitas akan menempa Anda memiliki kepekaan tinggi dalam membaca pergerakan pasar. Bahkan, pergerakan pasar yang paling ekstrem dan sulit ditebak. Jika dua indikator ini bisa ditangkap dan dikombinasikan dengan baik, akan saling mendukung untuk meraih nilai maksimal dalam trading.

Gabungan Indikator Fundamental, Sentimental, dan News

Bad news is a good news, demikian orang sering berkomentar terhadap berita yang berkembang. Ya, berita buruk tentang sesuatu sering justru menjadi kabar baik untuk yang lain. Demikian juga dengan trading.

Secuil berita yang terlihat sepele, jika ditangkap dengan jeli oleh seorang trader, justru berbuah keuntungan. Berita tertentu memiliki kekuatan terhadap aset yang Anda perdagangkan, entah itu saham, mata uang, atau komoditas lainnya. Bisa dikatakan, pergerakan aset merupakan dampak dari perkembangan secuil berita yang terkadang datangnya tak terduga.

Gabungan indikator sejenis dan saling menguatkan seperti indikator fundamental, sentimental, dan news ini akan memberi nilai besar dan berbuah keuntungan jika mampu dikelola dengan baik. Sebuah berita akan mendatangkan sentimen tertentu yang memengaruhi sisi fundamental sebuah aset. Tentu hasilnya sangat berbeda saat kita melibatkan indikator berbeda yang tidak saling menguatkan.

Cekatan Menyimak Berbagai Indikator

Butuh keahlian tersendiri untuk mengikuti arus informasi dan berita yang berkembang dewasa ini. Faktanya, arus besar informasi di era digital seperti saat ini terkadang membuat kita berada dalam ruang dan waktu yang nyaris tanpa sekat.

Belum lagi berbagai indikator lain yang saling bersinggungan untuk meraih hasil maksimal dalam trading. Lantas harus bagaimana agar segala sesuatu berjalan efektif? Pasalnya, aktivitas trading adalah aktivitas perdagangan yang memerlukan keputusan yang sangat presisi.

Beberapa trader tak segan memasang dua hingga tiga layar monitor untuk menyimak tinggi dan cepatnya arus informasi yang ada. Dengan begitu, mereka mampu dengan cepat mengelompokkan berbagai indikator, baik fundamental, sentimental, atau pun news.

Satu layar untuk memantau grafik dan analisis teknis, sementara layar lainnya untuk melakukan update berita dan info-info. Sedang satu layar lainnya khusus untuk transaksi.

Jangan lupa menyisakan satu ruang untuk terus melakukan sharing dengan sesama trader. Cukup bijaksana untuk ambil bagian dalam berbagai trader forum. Salah satunya adalah wormtraders forum. Nah, lakukan sign up forum hingga tuntas dan Anda juga bisa membuka akun Binary pada  klik salah satu banner binary pada landing page.