Jika Anda adalah seorang pemain binary options khusus pada kelas aset stock (trader), percayalah kalau kalender ekonomi adalah salah satu teman terbaik. Hanya butuh satu menit dalam sehari untuk mengecek agendanya. Satu menit yang kadang kita abaikan itu sejatinya adalah momen yang krusial. Terlebih jika kita ingin menjadi day trader yang terlingkungi profit.

Jadi, kalender ekonomi itu sebetulnya apa?

Kalender ekonomi memberi tahu tentang jadwal agenda media atau penerbitan data-data terkait pasar ekonomi dan finansial. Data-data dan berita media termasuk angka Produk Domestik Bruto, indikator penggerak perekonomian Amerika Serikat (AS) yang disebut Non-Farm Payroll, serta kebijakan suku bunga.

Beberapa situs kini menyediakan kalender ekonomi sebagai pendamping para pemain saham. Setiap kalender memiliki kelebihannya masing-masing. Misalnya saja kalender ekonomi wormtraders, bermanfaat saat kita tengah bermain dalam pasar saham dan kontrak berjangka (futures) AS. Kalender ekonomi juga berguna saat kita hendak mendulang profit dalam pasar valuta asing (forex).

Suatu peristiwa yang berdampak cenderung minimal terhadap pasar ditandai dengan “Low” (Rendah) atau bahkan tanpa penanda apapun. Low merupakan penyingkatan dari “low impact.” Tanda “Medium,” bintang dua mengindikasikan kewaspadaan. bintang tiga atau kata “High” (Tinggi) mengisyaratkan data yang secara signifikan berpotensi menimbulkan volatilitas dalam pasar.

Titik tiga seolah-olah tengah menyuruh kita berhenti sejenak, lalu secara cepat memutuskan agar jangan sampai terjebak dalam guncangan pasar. Ketika titik tiga muncul, sejumlah besar pemain saham akan memilih untuk membatalkan order jual-beli. Akibatnya, pasar likuiditas menurun, hanya beberapa saat sebelum peristiwa bertanda merah betul-betul terjadi.

Pada hari-hari yang lumrah dalam pasar investasi, kalender ekonomi membantu pemain saham mengurangi risiko. Dan risiko itu bisa terjadi dalam pelbagai kondisi; dalam guncangan, maupun dalam satu hari yang rasanya normal.