Jika Anda selama ini telah memilih binary options sebagai sahabat dalam trading, itu sudah tepat. Lalu, mengapa kita sekarang membahas mengenai vanilla options? Seperti halnya istilah duet maut dalam bernyanyi, begitu pun saat Anda menggabungkan vanilla dan binary options dalam trading. Keduanya akan menjadi pasangan yang aduhai, lantaran sifatnya yang turut merefleksikan kekuatan kesederhanaan dan fleksibilitas.

Mengenal Vanilla Options

Tak kenal, maka tak sayang. Peribahasa ini berlaku juga saat kita, secara sadar, ingin mempelajari vanilla options.

Vanilla options merupakan kontrak antara dua pihak, masing-masing pembeli dan penjual,” papar pakar trading sekaligus pendiri wormtraders.com, Wahyu U.K. Notodiputro. Kontrak turut menentukan jumlah dasar aset, tanggal kedaluwarsa, harga pemberhentian serta jenis penyerahan aset.

Standardisasi itu, papar U.K. kembali, memungkinkan vanilla options dapat diperdagangkan di lebih dari satu bursa atau fungible. “Vanilla options memberikan pilihan buy dan sell, sekaligus pada satu premi.”

Misalnya saja, kita masuk ke trading EUR/USD pada posisi harga 1250. Ketika memprediksi harga akan naik, kita dapat memilih buy. Jika level kenaikan–berikut fase dan masa pra-kedaluwarsa–yang kita perkirakan ternyata tepat, artinya profit. Begitu pula yang berlaku saat kita memprediksi harga bakal turun dan memutuskan untuk sell. Selama harga turun dalam kurun batas waktu yang sudah ditetapkan, keuntungan akan ada di tangan kita. Seumpama peribahasa, “Kejar daku, biar kau kutangkap.”

Kini pertanyaannya: apa yang terjadi saat prediksi ternyata lepas dari sasaran?

Jika memprediksi harga akan naik kemudian memilih buy, tapi harga ternyata malah turun, kita akan mengalami loss. Jumlahnya tergantung pada waktu cut loss, yang memungkinkan modal bisa menyentuh nol. Pada akhirnya, semua bergantung pada masing-masing penerapan manajemen risiko.

Perbedaan Vanilla dan Binary Options

Binary options berisiko sederhana, yakni jumlah loss sesuai besaran investasi dan profit sejalan kontrak waktu berdasarkan prediksi.

Vanilla options menawarkan model kombinasi yang memadukan risiko terbatas dan tidak terbatas, tergantung pilihan buy atau sell. Inilah salah satu dari sekian banyak kelebihan vanilla options. Vanilla options memiliki banyak strategi, baik yang sederhana atau pun kompleks, yang tidak tersedia pada binary options. Dalam hal profit atau loss, vanilla options akan mencapai jumlah tidak terbatas.

Bagi trader pemula, Binary Options adalah pilihan tepat. Setelah menguasai, kita dapat mengombinasikan berbagai strategi dengan vanilla options sehingga bervariasi; lebih menantang. Tentu saja sebelumnya kita harus memperhitungkan beberapa hal. Misalnya besaran kepemilikan modal, sebagai pertahanan jika prediksi melenceng. Adopsi strategi vanilla options untuk dikembangkan pada trading binary options tentu akan memberi peluang profit yang lebih besar. Untuk mendapatkan strategi-strategi jitu sebagai senjata untuk menaklukkan trading, U.K. selalu siap berbagi ilmu dengan Anda. Beragam pengalamannya dalam dunia trading tak perlu diragukan. Maka, marilah bergabung dalam Forum Wormtraders, segera klik salah satu banner binary pada landing page, ikuti prosedur sign up forum hingga tuntas.

Happy trading!