Ini kali pertamanya saya sharing pengalaman trading dalam jurnal ini. Jadi, untuk pemanasan, mari kita mulai dari hal yang paling sederhana aja ya.

Umumnya para newbie penambang uang di dunia trading itu paling kagok buat menentukan momen yang pas, “kapan sih saat terbaik kita melakukan open order?”

Nah … prinsip dasarnya adalah kita melakukan buy order saat harga pada posisi level terendah dan sebaliknya sell order pada saat harga pada posisi level tertinggi. Ternyata sederhana, kan?

Dari jawaban simpel di atas, yang bikin kita agak sedikit berpikir lebih dalam adalah … bagaimana memastikan harga yang memang sudah pada level tertinggi atau terendah?

Tenang, identifikasinya tak serumit yang kita bayangkan kok.

Yang perlu dipahami, harga level tertinggi atau terendah merupakan pergerakan harga pada level-level kritis, yang selanjutnya diharapkan bakal “jenuh” dan berbalik arah.

Biasa dalam dunia trading, harga level tertinggi disebut level resistance dan sebaliknya harga level terendah panggilan dinamai level support. Resistance adalah kondisi penawaran terlalu banyak. Pada saat yang sama, permintaan mulai mulai jauh berkurang. Harga-harga pun mulai jatuh. Level support, sebaliknya.

Hal penting lainya yang mesti dicatat, setiap periode timeframe (tf) pasti punya acuan level resistance and support yang berbeda-beda. Harga level tertinggi dan terendah pada tf 1 menit pasti tidak sama dengan tf 15 menit.

Pembalikan arah pergerakan harga hanya terjadi bila level resistance and support yang sudah kita tetapkan di awal, ternyata tidak tertembus. Ketika level resistance and support tertembus, pergerakan harga akan terus bergerak searah.

Level resistance yang tertembus tadi akan berubah menjadi level support baru. Pergerakan harga ini akan membuat keseimbangan pasar, maka secara otomatis akan terbentuk level resistance yang baru pula, begitu seterusnya.

Begitu juga dengan level support yang tertembus, ya. Level support yang sudah kita perkirakan di awal akan berubah menjadi level resistance baru dan akan terbentuk level support yang baru pula (baca: level support 2), begitu seterusnya. Perhatikan gambar di bawah ini.

Kita sudah mengulas pemahaman resistance and support secara umum. Kini, saatnya masuk pada pembahasan “Bagaimana cara konkret menentukan level resistance and support itu?”

Ternyata ada banyak cara lho. Namun, pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas singkat lima cara dulu. Disimak, ya.

A. Titik tertinggi (Top) atau terendah (Bottom)

Cara ini bisa dibilang paling mudah. Kita hanya perlu memperhatikan data historis saat harga-harga tertahan. Yuk, kita lihat langsung gambar sell order saat candle menyentuh garis resistance dan buy order saat candle menyentuh garis support.

B. Trendline

Untuk memahami trendline, kita perlu lebih dulu mengetahui tren pergerakan harga. Sesudah itu, baru menghubungkan dua titik lembah, jika dalam keadaan uptrend. Hubungkan dua titik puncak bila keadaan downtrend. Seperti ini gambarnya.

C. Bollinger Bands

Indikator bollinger bands turut menentukan level resistance and support. Cukup gunakan default settingnya periode 20 atau boleh juga diubah sesuai selera kalau memang sudah terbiasa. Indikator ini bekerja sangat baik pada sideway market, tapi bisa juga digunakan pada trending market. Cara bekerjanya sangat sederhana kok. Buy order saat candle menyentuh garis batas bawah dari bollinger bands dan sell order saat candle menyentuh garis batas atasnya. Mudah kan? Yuk dicoba.

D. Moving Average

Indikator ini prinsipnya bergerak sesuai pergerakan harga dan karena itulah dia mendapat julukan dynamic support and resistance. Pada saat uptrend, moving average berfungsi sebagai support dan sebaliknya saat downtrend berfungsi sebagai resistance.

E. Fibonacci Retracement

Salah satu tools andalan, Fibonacci, memiliki level-level yang jago dijadikan acuan untuk menentukan level resistance and support dengan akurasi cukup tinggi, yakni 38,2 persen, 50,0 persen dan 61,8 persen. Pada level-level itu disinyalir muncul sinyal kuat buy order atau sell order.

Sementara itu dulu sharing dari saya. Yuk, segera buka Akun binary options untuk mulai belajar praktik trading, ikuti prosedur Sign up forum hingga tuntas atau klik saja salah satu banner binary pada landing page.

 

UK Jurnal Trading Wormtraders