Mark Zuckerberg Orisinal, Donald Trump Gesit

Pernahkah Anda membayangkan apa yang ada dalam kepala pemimpin atau orang-orang tersukses sedunia?

Suatu penelitian yang dilakukan oleh perusahaan analisis perilaku Mattersight berupaya menguak kepribadian pemimpin dunia dengan melihat pilihan kata yang digunakan. Mirip seperti yang dilakukan Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat atau NASA terhadap calon astronautnya.

Tes model ini sudah digunakan NASA selama dua dekade dalam merekrut astronaut baru. NASA menilai kebugaran psikologis dengan mengunakan bahasa sebagai penilaian. Tes ini dikenal sebagai Model Komunikasi Proses. Dibanding tes-tes lain, Model Komunikasi Proses cukup sulit dimanipulasi.

Mattersight menganalisis 10 menit pembicaraan publik yang dilakukan pemimpin dunia, lalu mengategorikan mereka dalam enam tipe kepribadian pemimpin dan gaya manajemen. Berikut daftarnya:

1. Penyelenggara

Tipe ini memprioritaskan fakta dan data dalam berbicara. Mereka jarang menggunakan emosi. Mereka cenderung berorientasi pada tujuan dan berusaha mencapai kesempurnaan. Meski demikian, terkadang mereka kesulitan mendelegasikan tugas. Kata khas yang sering digunakan adalah “pada dasarnya” atau “pastikan.”

Tipe penyelenggara terbentuk dalam 25 persen populasi sedunia, yang tiga perempatnya adalah laki-laki. Beberapa pemimpin dengan karakter ini di antaranya, Jeff Bezos, Bill Gates, Barack Obama, Martha Stewart, Warren Buffett.

2. Penghubung

Tipe ini terkenal dengan cirinya yang cenderung menggunakan perasaan dalam berbahasa, dengan ciri khas kata yang digunakan antara lain “firasat,” “semacam,” atau “yang terbaik”. Pemimpin tipe ini selalu membuat keputusan dengan berdasarkan dampak ke karyawan dan pelanggan serta menekankan hubungan kerja tim.

Pemimpin yang berada dalam tipe ini, di antaranyaJ immy Carter, Putri Diana, Laura Bush. Tipe pemimpin ini menyumbang 30 persen populasi pemimpin di dunia dengan tiga perempatnya adalah wanita.

Mark Zuckerberg Orisinal, Donald Trump Gesit

3. Penasihat

Karakter pemimpin ini cenderung tegas, formal dan sengaja untuk menekankan keyakinan mereka. Kata khas yang sering digunakan adalah “seharusnya tidak,” “apakah Anda baru saja mengatakan” dan “tugas.”

Kepemimpinan mereka cenderung memprioritaskan nilai dan penilaian sendiri. Hanya ada 10 persen pemimpin dengan karakter ini, dengan lebih dari 75 persennya adalah laki-laki.

Pemimpin dengan karakter ini di antaranya Tim Cook, Hillary Rodham Clinton, Meg Whitman, Jørgen Vig Knudstorp.

4. Orisinal

Tipe karakter ini cenderung  spontan, menyukai kesenangan dan informal. Mereka sangat inovatif dan tak suka terjebak dalam kenyamanan. Ciri-ciri kata yang digunakan, misalnya “apa masalahnya?” Hampir seperlima pemimpin di dunia berkarakter orisinal, dengan 60 persennya merupakan laki-laki.

Pemimpin berkarakter ini di antaranya Ellen DeGeneres, Evan Spiegel, Jan Koum.

5. Gesit

Mereka dengan karakter ini dikenal sebagai pejuang yang merencanakan semua tindakannya. Pemimpin ini sangat karakteristik. Hampir 5 persen karakter ini menyumbang pemimpin di dunia dengan 60 persen kaum adam. Kata-kata yang sering digunakan adalah “lakukan,” “ayolah,” “intinya.”

Pemimpin dengan karakter ini di antaranya Donald Trump, Mark Cuban dan Richard Branson.

6. Pemimpi

Dalam hasil risetnya tidak ditemui satupun karakter pemimpin dunia dengan karakter ini. Karakter pemimpi biasanya menggunakan beberapa kata dan bersifat literik, impersonal dan memliki sedikit variasi dalam nada. Mereka juga sering mengandalkan orang lain. Kata-kata yang sering digunakan “bertanya-tanya,” “butuh waktu,” “mengalami kesulitan.”