Apa yang mendasari Anda mengambil keputusan untuk masuk suatu pasar? Apa karena kondisi bearish, bullish, sideway? Ataukah karena volatilitas tinggi dan rendah? Resistance dan support?

Pertanyaan-pertanyaan ini muncul dalam benak trader pada saat mempersiapkan diri untuk trading binary options agar efektif.

Di sini, analisis teknik akan membantu trader mengambil keputusan dan menjawab pertanyaan tersebut. Anda perlu mengonfirmasi kondisi fundamental melalui indikator teknis. Ini merupakan kuncinya. Apalagi untuk trader pemula yang cenderung memposisikan trading berdasarkan satu indikator atau satu jenis informasi. Jadi analisis teknis akan membantu mengembangkan keterampilan trader. Tentunya hal ini dapat diterapkan di semua pasar.

Mengenal Pola Candlestick Membuat Trading Kian Asyik

Pola Candlestick Utama

Untuk trader yang sudah lama bertualang dalam dunia trading, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya candlestick. Pola candlestick merupakan yang paling populer saat ini. Candlestick mewakili aktivitas harga. Untuk trader pemula, sebaiknya berkenalan dulu dengan pola ini.

Candlestick memiliki empat komponen. Wicks mewakili titik tertinggi dan terendah yang bisa dicapai, bodi memiliki bagian atas dan bawah, mewakili harga buka dan tutup. Keempat komponen tersebut merefleksikan aksi harga yang terjadi, dan mewakili aktivitas harga hampir untuk semua kerangka waktu yang diinginkan.

Baca juga: Cermati Grafik Candlestick, Rangkul Strategi Legend

Mari kita lihat, di situ ada candlestick satu menit, lima menit, satu jam, satu minggu, dan satu bulan.

Ketika trader memilih jangka waktu tertentu, maka candlestick akan mewakili kerangka waktu itu. Misalnya, 50 candlestick pada periode waktu 5 menit, mewakili 50×5 menit, atau 250 menit aktivitas harga.

Salah satu fitur dasar candlestick yang paling penting adalah warnanya. Pada umumnya yang kita lihat saat ini yaitu warna merah untuk mewakili bearish dan warna hijau untuk bullish.

Candlestick bearish artinya harga penutupan di bawah harga pembukaan. Sebaliknya, candlestick bullish yaitu harga penutupan di atas harga pembukaan.

Pada saat candle-candle itu tidak menunjukkan bearish atau bullish, artinya pasar sedang ragu-ragu. Para candle ini merupakan gambaran emosi pasar, akibat dari pertempuran antara penjual dan pembeli. Candlestick ini juga bisa dikatakan sebagai snapshot pada saat diketahui siapa yang menang atau kalah pada pertempuran tersebut.

Seperti yang dijelaskan Wahyu U.K. Notodiputro sebagai ahli trading, candle-candle ini dikelompokkan  berdasarkan pola yang mewakili aktivitas pasar. Pola-pola yang paling penting untuk diketahui para trader, yaitu Hammer, Doji, Spinning tops, Shooting Star dan Hanging Man.

Trader pemula sebaiknya mempelajari pola-pola tersebut dan hendaknya membiasakan diri untuk membaca situasi pasar.

Mengenal Pola Candlestick Membuat Trading Kian Asyik

Mengapa disebut pola hammer? Karena bentuknya memang seperti hammer atau palu. Hammer memiliki sumbu panjang. Terkadang ukuran panjangnya dua kali dari ukuran bodi, tanda pembalikan harga.  Doji, bentuknya seperti tanda plus (+) menunjukkan potensi pembalikan harga. Spinning Top, mirip dengan Doji, memiliki ekor candle atas dan bawah yang panjang. Menunjukkan potensi pembalikan harga juga.

Shooting Star, memiliki ekor candle pada bagian atas yang minimal panjangnya dua kali lebih besar dari bodi, menunjukkan aksi pergerakan harga kemungkinan besar akan turun dalam waktu dekat.

Hanging Man, adalah formasi candle bearish yang terbentuk di puncak uptrend, menunjukkan aksi harga mungkin akan turun dalam waktu dekat.

Dengan menguasai pola-pola tersebut maka trader akan semakin cerdik membaca pasar, sehingg trading pun semakin mengasyikkan.

Anda ingin mengetahui lebih banyak lagi? Atau ada banyak hal yang perlu dipertanyakan? Ayo bergabung di forum wormtraders. Ada banyak teman di sini. U.K (baca: Yuuke) sebagai pakar trading, tidak akan segan-segan membagikan ilmunya. Namun yang pasti, praktikkan semua ilmu yang telah Anda dapat. Segera buka akun di binary options dengan klik salah satu banner binary pada landing page. Ikuti prosedur sign up forum hingga tuntas.