Hari raya Idul Fitri selalu menjadi momentum bertemu dengan sanak saudara dan sahabat-sahabat tercinta. Di hari kemenangan dan momen yang bahagia ini, sudah tentu, semua orang ingin tampil menarik. Terutama kaum hawa. Tapi ingat, untuk tampil cantik tak perlu menor, make up sederhana justru lebih elegan.

Rangkaian kegiatan sebelum Lebaran begitu melelahkan. Mulai dari menyiapkan makan besar hingga cemilan untuk disajikan di hari raya. Tak pelak, hal ini membuat wajah kurang segar. Perlu berdandan agar terlihat fresh.

Menurut Tiffani Kenanga, berdandan ketika Lebaran memang sebaiknya kelihatan berbeda agar kesan Lebaran itu ada. Tapi jangan juga kemudian terlihat tidak enak dipandang. Seperti dandanan yang terlalu berlebihan atau menor. Begitu juga dengan tampilan busana. Pakaian jangan sampai terlalu panjang yang terkesan tidak nyaman.

“Kalau aku Lebaran tidak pernah pakai kaftan. Baru tahun ini pakai karena ada desain baru. Lebaran tahun sebelumnya, baju yang dipilih adalah yang simpel. Dandanannya sendiri, hanya maskara, lisptik, dan blush on. Agar terlihat lebih fresh,” ujar penyanyi yang juga pemilik clothing line berlabel Tiffany Kenanga.

Masih menurut Tiffany, Lebaran adalah ajang berkumpul bersama keluarga untuk saling memaafkan dan bersilaturahmi. Jadi dandanan berlebihan tidak perlu. Apalagi terlihat tidak nyaman.

“Kalau aku sendiri lebih memilih yang nyaman, warna tidak putih, dan stylist. Tidak terlalu berlebihan tapi tetap fashionable dengan make up yang tidak berlebihan pula,” ujar putri pakar totok wajah Dian Kenanga ini.

Pastinya, make up tersebut sesuai dengan kepribadian dan tidak terlalu berlebihan. Apalagi untuk Generasi Milenial. Bisa-bisa, karena make up terlalu menor malah dipanggil tante. Padahal usia masih 25 tahun.

CTAforum wormtraders

Make up yang terlihat tidak memakai make up ini, zaman dulu disebut make up sedehana atau make up soft, sekarang disebutnya flawless. Dandanan yang lebih natural. Bahkan jika wajah sudah mulus tak perlu lagi pakai foundation,” ujar Top Stylist, Demi Lenginun, pada Wormtraders.

Dia menjelaskan, dandanan flawless ini berbeda dengan dandanan menor. Perbedaannya adalah ketebalan dan warna. Seperti lipstik, untuk dandanan flawless lebih memilih warna merah jambu.

Make up flawless dan glowing, dengan warna lipstik lebih natural, seperti pink untuk warna liptisk. Selain itu pilih foundation cair, bedak tabur, bedak padat, eyes shadow coklat, maskara, alis coklat, dan blush on, ini pas sekali untuk hari raya,” papar Demi.

Bagi tidak berhijab, katanya, tatanan rambut harus terlihat rapi dan simple. Namunterlihat menawan. “Semua lebih sederhana dan lebih simpel karena baju Lebaran banyak yang sudah dilengkapi payet-payet. Terlihat glamor. Jadi dandanannya harus lebih sederhana,” tegasnya.

Menor Belum Tentu Cantik, Make Up Flawless Justru Lebih Elegan

Tips Dandan Sederhana

Sementara itu, menurut penata rias yang juga make up artis, Lucy Radifa, hari raya sebaiknya berdandan sederhana. Sebab, yang berlebihan belum tentu terlihat cantik. Jika terlalu berlebihan, mungkin malah terlihat ‘seram’. Jika berdandan sederhana dengan pemilihan warna eye shadow dan lipstik soft natural, malah akan terlihat cantik, natural, dan berkelas.

Pemilik Instagram @rumahrias_radifa ini menjelaskan, agar dandanan terlihat sederhana, pilihlah foundation yang tipis. Kemudian, sapukan bedak tabur yang nantinya diaplikasi memakai kuas agar lebih halus hasilnya.

“Bentuk alis seperti biasa. Jika ingin rapi dibingkai dahulu. Lalu isi dengan warna natural seperti coklat. Tipis saja agar terlihat alami tapi rapi. Untuk eye shadow pilih warna nude coklat. Mata cukup pakai eye liner hitam tipis. Untuk bulu mata dijepit pakai maskara atau bisa ditambah dengan bulu mata palsu yang bentuknya natural,” papar perempuan muda yang juga guru les privat make up ini.

Sedikit berpromosi, Lucy masih membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin kursus make up di sisa Ramadhan ini agar meraih penampilan maksimal di hari kemenangan. Bahkan, dia siap memberi diskon.

Untuk water line, Lanjut Lucy, boleh diisi eyes line putih. Pada bagian bawah cukup ditambahkan bland eyes shadow coklat tapi boleh juga warna hitam. Di bland eyes shadow hitam tipis, blush on warna peach natural tipis-tipis.

“Untuk sharding-sharding-nya atau countour bisa pakai yang fowder saja. Sebelumnya pakai blush on di pipi, lalu kasih sharing coklat alami jika mau kelihatan tirus,” jelas Lucy.

Untuk bibir agar terlihat fresh, menurut Demi, pilih lipstik warna nude atau natural. Sebaiknya pakai lips gloss agar terlihat lebih segar. Sebagai finishing, bisa memakai high lights. “Itu kalau mau terlihat glowing-glowing manja,” tandas pemilik Rumah Rias Radifa ini.

Nah, Anda tentu ingin tampil cantik, menarik, dan fresh di hari kemenangan bukan? Make up flawless tampaknya jauh lebih baik di tengah padatnya kegiatan Lebaran. Ingat, make up tebal tak hanya terkesan norak, namun akan membuat Lebaran Anda sangat gerah. Selamat mencoba.