Mobil adalah sarana penting yang harus disiapkan untuk mudik Lebaran. Laiknya manusia, mobil pun perlu tampil cantik luar dalam untuk dipamerkan di kampung. Sebelum terlambat, segera cek apa saja dibutuhkan mobil agar tak rewel dalam perjalanan mudik. Ingat, mobil juga butuh ke salon untuk tampil cantik sekaligus fit.

Tak diragukan lagi, mobil menjadi moda transportasi paling dibutuhkan saat Lebaran. Apa jadinya sederet agenda Lebaran jika mobil sebagai penopang segala aktivitas selama Lebaran ngadat atau rewel.

Bukan itu saja, terkadang mobil menjadi sarana tampil keren di kampung selama Lebaran. Nah, apa jadinya jika mobil yang diharapkan akan menambah gaya penampilan selama Lebaran justru menyuguhkan masalah?

Nah, jangan menunda waktu. Segera agendakan mobil Anda masuk salon. Tak hanya penampilan keren, namun onderdil mobil pun siap mengantarkan Anda dalam berbagai kegiatan Lebaran. Tentu saja, sebelumnya Anda harus berhitung segala biaya disesuaikan budget yang ada. Maklum, ada banyak pos lain selama Ramadan dan Lebaran yang butuh biaya ekstra.

Manfaatkan Promo Aftersale dan Promo Brand

Jika mobil Anda masih tergolong baru, biasanya masih berlaku promo aftersale untuk beberapa onderdil. Brand-brand otomotif terkemuka biasanya melengkapi diri dengan program aftersale pada momentum istimewa seperti Lebaran dan Tahun Baru.

Program yang digelar biasanya meliputi diskon jasa servis, harga suku cadang yang bahkan bisa mencapai 25 persen dari harga normal, dan penggantian oli hingga 20 persen. Bahkan juga diskon pengerjaan spooring dan balancing.

Terkadang, brand tertentu bahkan menawarkan layanan lainnya sepeti upgrade software. Lebih nikmat lagi, pelanggan yang rutin melakukan perbaikan dan perawatan akan dihadiahi pengecekan untuk beberapa poin penting pada mobil.

Salah satu brand yang saat ini gencar menggelar promo adalah Toyota. Melalui berbagai dealer Toyota Auto 2000, brand ini menggelar program bertajuk Pre Holiday Campaign yang memberikan berbagai diskon spesial untuk berbagai aktivitas permak mobil. Program ini telah dimulai pada 7 Mei lalu dan akan berakhir pada 2 Juni mendatang.

Mobil pun Perlu ke Salon Agar Cantik Saat Lebaran

“Pelanggan diberi kesempatan servis mobil. Selain itu ada diskon-diskon cukup spesial guna mengurai antrean di bengkel. Terutama pelanggan yang menumpuk di bengkel pada minggu terakhir sebelum Lebaran,” ujar Indah Yuliana, Kepala Bengkel Auto 2000 Cikarang.

Selain keuntungan tidak harus antre panjang di bengkel, pelanggan juga mendapatkan berbagai kemudahan dan keuntungan lewat berbagai diskon untuk jasa servis dan pembelian spare parts. Besaran diskon untuk jasa servis mencapai 20 persen. Sedang kan diskon spare parts dalam kisaran 10 hingga 20 persen.

Nah, jika Anda masuk bengkel pada “Happy Hours” (13.00 – 16.00 WIB) selama paket promo ini berlangsung, masih ada tambahan 1 liter oli TMO (Toyota Motor Oil), gratis. Promo ini berlaku untuk semua jenis kendaraan Toyota.

Simak Masalah Sebelum Masuk Salon Mobil

Supaya lebih efektif dan menekan anggaran, sudah pasti Anda harus menyimak teliti apa saja sebetulnya yang dibutuhkan mobil sebelum mengirimnya ke salon mobil. Mesin oke, penampilan pun oke, itu pasti yang kita inginkan.

Onderdil wajib paling pertama harus disimak adalah rem. Selanjutnya, tak kalah penting adalah kondisi oli powersteering. Jangan dilewatkan kap mesin bagian bawah berikut engselnya.

Setelah itu, teliti kondisi tutup saringan udara dan radiator lengkap dengan air radiator. Begitu pun dengan wiper lengkap dengan tempat air wiper. Piranti lain yang wajib dilongok adalah aneka kabel, termasuk kabel busi. Begitu pun dengan accu, termasuk kabel accu.

So, salon mobil bukan hanya bicara soal penampilan di bagian-bagian yang terlihat saja. Namun juga merambah bagian-bagian tersembunyi seperti plafon berikut tiang-tiangnya. Begitu pun dengan dashboard, lengkap dengan panel-panelnya.

Bagian lain yang kerap dipermak adalah kaca bagian dalam, sun roof, sunvisor, safety belt, laci-laci, hingga console box dan kisi-kisi AC. Tak ketinggalan, karpet kaki.

Selain kondisi AC yang menjamin kenyamanan berkendara, ada baiknya menyimak kondisi kaca film dan lampu. Kaca bening bebas jamur kaca dan flek-flek lainnya serta lampu terang tentu akan menjanjikan kenyamanan berkendara.

Satu lagi, kenyamanan Anda akan makin sempurna dengan kualitas jok mobil yang tak hanya nyaman, namun empuk dan aman. Ini penting, apalagi jika Anda harus berkendara jarak jauh saat mudik Lebaran.

Setelah mencermati apa saja dibutuhkan mobil, saatnya mengira-kira berapa budget harus disiapkan untuk meraih tampilan mobil aman sekaligus nyaman. Setelah mendapatkan ancar-ancar biaya permak di salon mobil, kini waktunya melirik dana yang ada.

Pertanyaan selanjutnya, apakah cukup efektif menuntaskan hasrat meraih tampilan mobil baru dan mengirimnya ke salon mobil dengan perkiraan dana tersebut? Ingat, momentum Ramadan dan Lebaran biasanya menyedot dana tidak sedikit yang terbagi dalam berbagai pos pengeluaran.

Gesek Kartu Kredit, Tabungan, atau Trading?

Ada banyak cara untuk mendanai biaya nyalon mobil. Mengingat banyaknya pos pengeluaran selama Ramadan dan jelang Lebaran, bisa saja menuntaskan urusan salon mobil dengan fasilitas kartu kredit. Artinya, biaya salon mobil bisa dicicil dengan kartu kredit. Tentunya, dengan mempertimbangkan bunga kartu kredit yang ada.

Jika Anda anti utang, jalan satu-satunya adalah mengiris sebagian tabungan. Atau, mengalihkan pendanaan dari pos lainnya. Tentu saja, ini harus melalui berbagai pertimbangan dan hitung-hitungan lainnya. Sebab, sekali lagi, biasanya ada banyak pos yang butuh pendanaan selama Ramadan dan Lebaran. Sialnya, hampir semua pos penting.

Jika Anda cerdik dan tak ingin mengganggu stabilitas finansial secara keseluruhan, mengapa tidak memilih trading? Terutama trading binary options yang menawarkan profit besar dalam waktu yang relatif singkat.

Waktu dua minggu sebelum Lebaran, masih sangat cukup untuk mengoptimalkan aktivitas trading guna meraih modal memasukkan mobil Anda ke salon.  Nah, tunggu apalagi? Segera trading dan raih profit untuk mendanai nyalon mobil atau pun kebutuhan Lebaran lainnya.