Pentingnya Manajemen Keuangan dalam Trading Binary Options

Pengelolaan uang untuk trading tidak boleh asal-asalan. Harus dihitung berdasarkan persentase dari seluruh modal yang Anda tanamkan. Jumlah yang diperdagangkan dari transaksi yang satu ke transaksi lainnya harus bervariasi. Dibutuhkan keahlian dan keyakinan akan akurasi trading Anda, juga toleransi atas risiko yang mungkin terjadi atas uang tersebut.

Karena kemampuan setiap orang itu berbeda, maka sesuaikan jumlah uang yang akan diperdagangkan dengan kemampuan Anda. Dan yang terpenting adalah risiko tersebut tidak akan memengaruhi emosi dan mental Anda terlalu dalam, apabila nanti terjadi kerugian.

Kalau pun merugi, Anda masih bisa tidur nyenyak, makan enak, dan cepat move on. Juga tidak khawatir akan terjadi pembalikan harga secara tiba-tiba sehingga Anda tidak perlu terus menerus di depan layar menatap grafik. Bahkan jika terjadi sepuluh kali loss pun, Anda tetap nyaman.

Tidak ada rumus baku pada manajemen keuangan trading. Itulah mengapa cara-cara yang bersifat pribadi dan intuitif lebih bisa diterima.

 

Manfaatkan Kesempatan Sebaik Mungkin

Pentingnya Manajemen Keuangan dalam Trading Binary Options

Menyertakan modal pada setiap transaksi sebesar 1 persen atau 2 persen dari modal bersih Anda termasuk minim untuk trading long term. Kalau short term, tidak masalah. Namun Anda harus bekerja keras agar mendapat keuntungan.

Contoh, jika anda menyertakan modal pada setiap transaksi 1 persen dan melakukan dua puluh dua kali transaksi pada setiap bulannya, jadi 22 persen, butuh waktu panjang sekali agar mencapai 100 persen.

Nah, jika anda sudah merasa percaya diri dan siap mental, maka pakailah yang lebih besar, misalkan 10 persen dari modal bersih untuk setiap transaksi yang dilakukan. Jika 10 persen, maka dengan 10 transaksi saja Anda sudah BEP (Break Event Point). Untuk selebihnya sudah merupakan profit yang bisa dinikmati.

Ada hal-hal yang perlu anda pertimbangkan dalam trading, bahwa tidak banyak kesempatan baik pada setiap bulannya untuk melakukan open posisi. Jadi manfaatkanlah semaksimal mungkin. Jika Anda menyertakan modal hanya 1 persen, maka kurang efektif. Ambil saja 10 persen agar Anda tidak buang-buang waktu. Dengan catatan, Anda sudah siap mental.

Keuntungan lainnya apabila kita jarang ambil posisi yaitu dapat mengurangi stres karena permainannya lebih tenang. Dibanding sering melakukan transaksi dengan persentase kecil yang membuat kita senantiasa dipacu, dan ini melelahkan.

Namun hal ini bukan sesuatu keharusan. Semua kembali lagi pada trader-nya. Mana yang lebih cocok.

 

Lindungi Uang Anda

Pentingnya Manajemen Keuangan dalam Trading Binary Options

Salah satu tujuan manajemen keuangan yaitu melindungi uang Anda. Melindungi dari apa?

Dari sikap dan tindakan anda yang sering merugikan. Berdasarkan pengalaman Wahyu U.K. Notodiputro yang akrab disapa U.K. (baca: Yuuke), sebagai ahli trading, “Biasanya jika anda sudah merasakan keuntungan, godaan untuk segera ambil posisi trading lagi sangat besar, dan pertahanan mengendur, hati-hati, segeralah menyadarinya, kembali pada rule awal dan tetap disiplin.”

Untuk menghindari godaan tersebut, U.K. menambahkan, “Pilih cara trading yang lebih nyaman, tidak terburu-buru, perhitungkan dengan matang. Hal ini agar Anda terhindar dari over trading.”

Anda sudah pernah mengalami kehilangan profit? Sungguh sangat menyakitkan, saat semua profit yang telah terkumpul malah lenyap ditelan kecerobohan. Penyesalan dan rasa bersalah pun muncul.

Sebagai trader, tentunya Anda tidak mau larut dalam kesedihan terlalu dalam. Maka mulai membenahi lagi dari awal dengan susah payah. Nah, tidak mau mengalami itu lagi, bukan? Inilah perlunya melindungi uang Anda.

Salah satu cara terbaik untuk melindungi uang Anda, menurut U.K. adalah, “Tetap berpegang pada strategi trading yang sudah Anda tetapkan, tidak usah pedulikan Anda baru mengalami profit atau loss, jangan sampai hasil trading sebelumnya memengaruhi trading Anda selanjutnya.”

Apabila Anda membutuhkan teman untuk berbagi pengalaman trading, bergabunglah di forum wormtraders.com. namun sebelumnya bagi yang belum mempunyai akun binary options, segera klik salah satu banner binary pada landing page. Ikuti sign up forum hingga tuntas.