Ada beberapa kelas aset yang lazim diperdagangkan pada trading binary options. Demikian juga ada banyak instrumen bisa dipilih atau bahkan dipasangkan dalam aktivitas trading binary options. Tak hanya kelas aset mata uang saja ternyata yang bisa dipasangkan. Bahkan aset yang saling berlawanan pun bisa dipasangkan.

Ya, ada banyak instrumen pada trading binary options yang bisa dipilih dan disediakan oleh broker. Pair options atau opsi untuk memasangkan dua aset dalam satu aktivitas trading binary options adalah salah satu instrumen yang bisa ditemui dalam beberapa platform trading binary.

Bentuk trading pair options ini mirip dengan trading Forex. Trading dengan instrumen pair options akan melibatkan sepasang aset dengan tujuan untuk menentukan yang mana dari keduanya akan mengungguli yang lain. Atau, yang mana dari keduanya lebih berpotensi mendatangkan profit.

“Jadi, bukan hanya pasangan mata uang saja yang bisa diperdagangkan. Namun trading binary options juga bisa melibatkan aset dari kelas lain, bahkan aset yang saling berlawanan. Sama seperti yang lain, instrumen ini juga terikat dengan masa kedaluwarsa sebagai parameter aktivitas trading akan berakhir dalam posisi in the money atau out of the money,” papar Wahyu U.K. Notodiputro, expert trader sekaligus founder Wormtraders Forum.

Sentimen Pasar Lebih Mudah Dianalisa

Ada sejumlah keuntungan saat kita memilih untuk memperdagangkan pasangan aset. Sering justru lebih mudah memrediksi aset mana yang memiliki kinerja lebih baik dalam instrumen pair options. Akan ada saat-saat ketika pergerakan harga untuk satu atau lainnya cukup jelas, bahkan sangat transparan, dan sentimen pasar mudah dianalisa.

Situasi itu akan sangat mudah terlihat justru saat trader memilih aset yang saling berlawanan. Ambil contoh Google dengan Apple atau Google dengan Facebook, yang notabene saling berhadap-hadapan sebagai sebuah aset. Skandal Facebook-Cambridge Analytica yang cukup menggemparkan dan memengaruhi kinerja Facebook, sedikit banyak akan mempermudah dalam mengembangkan analisa fundamental saat kita pasangkan dengan Google.

“Sama seperti semua instrumen trading binary options lainnya, kita bisa memrediksi apakah Apple atau Facebook mampu mengungguli Google selama periode waktu atau expired time yang kita pilih. Analisa fundamental dengan mencermati sentimen pasar sangat memegang peranan. Setelah itu, hasil akhir akan mengalir ke akun Anda atau sebaliknya,” lanjut U.K. (baca : Yuuke), panggilan akrab Wahyu yang sudah empat tahun lebih malang melintang di dunia trading.

Yang pasti, tidak ada dua aset yang cenderung memiliki harga yang cukup mirip sebagai perbandingan langsung. Kinerja aset, otomatis menjadi tolok ukur untuk menentukan aset mana yang mengungguli aset lainnya sesuai opsi yang kita pilih.

Prediksi Akurat Berdasar Mudahnya Analisa Fundamental

Tugas besar yang jelas ada di depan mata saat memilih instrumen ini adalah trader harus mencermati kinerja harga dari dua aset secara bersamaan. Begitu pun trader harus menetapkan dua opsi, bukan satu. Otomatis, analisa pergerakan harga di masa lalu yang harus dianalisa pun menyangkut pergerakan harga dua aset di masa lalu.

Analisa fundamental yang cenderung lebih mudah diterapkan untuk menganalisa dua aset yang saling berhadap-hadapan mampu menghasilkan prediksi pergerakan harga yang lebih akurat. Analisa terkait kinerja kedua aset akan bekerja dengan lebih baik.

Ingat, sentimen pasar akan selalu memainkan peran dalam setiap pergerakan harga keduanya. Dan yang pasti, menganalisa dua aset secara bersamaan tentu melibatkan komitmen waktu yang lebih besar pula. Kendati, peluang profit yang dijanjikan pun bisa lebih besar.

Intinya adalah, trader harus cermat saat memutuskan aset mana dari dua aset yang akan menjadi pemain yang lebih baik selama jangka waktu tertentu sesuai opsi yang kita pilih. Trader yang biasa bermain di kelas aset tunggal ada baiknya untuk menguji kemampuan dengan memilih instrumen ini.

Terkadang, menganalisa dua aset yang jelas-jelas saling berhadapan atau saling berlawanan justru lebih mudah daripada mencermati pergerakan aset tunggal. Nah, selamat mencoba.