Rahasia Cakaran Bear dan Tandukan Bull dalam Trading

Istilah bullish dan bearish sangat familiar di telinga trader. Terutama mereka yang gemar bermain di kelas aset saham. Namun, tak banyak trader yang mengenali arti dan sejarah serta rahasia di balik dua istilah ini. Tenyata, istilah bullish dan bearish merupakan metafora dari tipikal banteng (bull) dan beruang (bear) dalam menyerang mangsanya.

Gaya dua hewan dalam menyerang mangsa itu menggambarkan metode para pelaku pasar dalam menyikapi harga saham yang tengah bergejolak. Baik gaya bull atau bear sama-sama dibutuhkan trader. Metode bullish dan bearish memegang peranan sangat penting tergantung kondisi berikut sentimen pasar yang terjadi.

“Gaya bull dan bear yang kemudian mengejawantah sebagai metode bullish dan bearish mewakili optimisme dan pesimisme trader terhadap kecenderungan pergerakan harga. Jika arah pergerakan harga naik trader cenderung mengambil posisi bullish. Sedangkan saat harga merosot tajam metode yang diterapkan adalah bearish,” papar Wahyu U.K Notodiputro, expert trading sekaligus founder komunitas Wormtraders Forum. Sebuah komunitas bagi young traders.

 

Tandukan Bull, Tajam Mendorong ke Atas

Rahasia Cakaran Bear dan Tandukan Bull dalam Trading

Metode bullish digambarkan laiknya tandukan banteng (bull) yang ganas. Sebuah gerakan menyerang dengan mendorong tanduk ke atas. Gaya menyerang ini menjadi metafora kondisi pasar dengan mobilitas harga naik yang tajam akibat gelombang beli investor.

Investor optimistis bakal meraih profit besar dari aset yang mengalami peningkatan harga secara tajam laiknya tandukan bull. Arah pergerakan harga naik yang berlangsung di saat ekonomi sedang bersahabat, bisnis sedang booming, dan angka pengangguran rendah. Itulah beberapa indikasi yang mengiringi kondisi bullish. Biasanya ini jenis trading dengan timeframe panjang.

“Namun harus diingat, aset tertentu bisa bullish untuk jangka waktu lebih singkat. Itulah sebabnya metode ini bisa diterapkan pada trading binary options yang rata-rata bermain dengan timeframe lebih singkat,” tandas U.K (baca : Yuuke), panggilan akrab Wahyu U.K Notodiputro.

 

Cakaran Bear, Tajam Menghunjam ke Bawah

Hal sebaliknya berlaku pada metode bearish. Metode bearish digambarkan laiknya cakaran beruang  (bear) yang menghunjam ke bawah. Gaya menyerang dengan cakaran ke bawah jadi gambaran pasar yang dominan ke arah negatif atau pesimistis. Harga aset cenderung merosot tajam ke bawah.

Dalam situasi pasar pesimistis ini investor lebih memilih menahan diri. Mereka kuatir mobilitas harga turun lebih tajam. Pasar bear diyakini menjadi pemicu kemerosotan ekonomi serta prevalensi pengangguran dan pasar yang lebih besar. Umumnya, para trader melihat kondisi bearish menyusul rilis laporan keuangan berikut data ekonomi yang sangat negatif.

 

Perlu Langkah Mendikte Pasar

Rahasia Cakaran Bear dan Tandukan Bull dalam Trading

Baik bullish atau bearish sering diukur untuk waktu yang lama. Sedangkan praktik trading binary options rata-rata berlangsung dalam rentang waktu pendek. Lepas dari apakah harga bergerak naik atau turun pada hari-hari tertentu, mood pasar bisa bertahan lama.

“Ini bisa jadi panduan bagi trader binary options. Hanya saja, opsi trader binary options tetap harus lebih mempertimbangkan banyak indikator harga jangka pendek jika mereka ingin sukses dalam trading jangka pendek,” ujar U.K yang siap berbagi ilmu terkait trading binary options.

Terkait fenomena bearish dan bullish yang lebih disebabkan emosi dan respons terhadap situasi bahkan sentimen pasar, trader seharusnya memiliki kekuatan dalam memengaruhi pasar. Bahkan, mendikte pasar.

Dengan kata lain, daripada terjebak pada kesibukan memrediksi apakah yang mungkin atau tidak mungkin terjadi pada tren pasar naik atau turun, lebih baik melakukan aksi yang mampu mendikte pasar. Aksi yang dibutuhkan untuk aktivitas trading binary options yang memiliki durasi sangat singkat.  Pergerakan dari bullish ke bearish atau sebaliknya sesuai harapan dalam trading binary options.

Untuk sampai pada kemampuan mahir memrediksi pergerakan harga hingga mendikte pasar tentu butuh komunitas dengan tataran kemampuan sama. Oleh sebab itu jangan malas bergabung di forum-forum trader. Termasuk, Wormtraders Forum.

Nah, segera lakukan sign up forum hingga tuntas. Selanjutnya siap merealisasikan berbagai langkah trading dengan membuka akun Binary dan klik salah satu banner binary pada landing page.