Raksasa Teknologi Cina Gencar Migrasi ke Desa

Perusahaan-perusahaan teknologi Cina kini menyerbu pedesaan. sekitar seminggu yang lalu, Alibaba group memompa US$ 717 juta ke Huitongda Network, sebuah platform e-commerce yang melayani 15.000 kota dan pedesaan di Cina. Perusahaan ini juga mulai berinvestasi di kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk peternak babi pedesaan.

WeDoctor yang didukung Tencent membuat layanan kesehatan lebih mudah diakses oleh orang-orang di kota. Sementara saingan Alibaba, JD.com juga menambah ruang dengan drone pengiriman mereka.

 

Bertumbuh di Pedesaan

Sebagaimana dikutip Tech in Asia, perusahaan-perusahaan teknologi seperti Alibaba, Tencent, dan perusahaan besar lainnya yang memasuki kota kecil dan pedesaan tersebut bertujuan untuk mengembangkan usahanya dengan nuansa yang berbeda.

Untuk perusahaan kecil dan perusahaan baru menargetkan pasar pedesaan karena persaingan di kota besar terlalu ketat dan biaya akuisisi pengguna terlalu tinggi.

Ada juga perusahaan yang membangun model bisnis hanya untuk kota-kota kecil, hal ini sering kali dilakukan karena para pendiri lebih memahami kehidupan dan mentalitas masyarakat kota kecil daripada kota besar yang sangat kompleks.

Sejauh ini, beberapa perusahaan seperti Pinduoduo (e-commerce sosial) dan Qutoutiao sebagai agregator berita yang sukses telah berhasil menembus pasar pedesaan. Kondisi ini, tentu membuat persaingan semakin memanas.

Persaingan Alibaba dan JD.com

Tentu saja banyak strategi yang dilakukan perusahaan-perusahaan besar itu untuk dapat bersaing di pasar pedesaan. Di antaranya yang dilakukan Alibaba sejak Mei 2015, dengan merekrut manajer di pusat pelayanan pedesaan adalah pemuda setempat yang paham internet dan pernah tinggal di perkotaan namun kembali ke desa mereka.

Para kandidat tersebut diminta mengikuti ujian untuk memastikan mereka memiliki kemampuan dan komitmen dalam melayani komunitas mereka.

Raksasa Teknologi Cina Gencar Migrasi ke Desa

Namun yang diharapkan dari munculnya tren  serbuan perusahaan besar masuk desa yang terjadi saat ini yaitu lahirnya inovasi- inovasi baru dalam konten e-commerce sosial, kesehatan, dan beberapa sektor lain yang didedikasikan untuk penduduk kota kecil dan pedesaan.

Jika perusahaan besar seperti Alibaba dan JD.com memberi kontribusi terhadap bidang kesehatan tentu akan sangat bermanfaat bagi pedesaan di Cina.