Anda suka keheningan? Di sini, hanya di tempat ini, Anda bisa mendengarkan suara detak jantung dan hembusan napas Anda sendiri, bahkan saat Anda bergerak seolah tulang Anda membuat suara gerinda. Dan akhirnya, Anda pun kehilangan keseimbangan, karena tak ada gaung yang menyabotase kesadaran spasial Anda.

Di ruangan ini, yaitu di markas besar Microsoft Corp. di Redmond, Washington, semua suara dari dunia luar telah terkunci. Ruangan seperti ini disebut anechoic chamber atau ruang tanpa gema, karena di dalam ruang tersebut tidak menciptakan echo sama sekali. Yang ada hanya keheningan yang memekakkan telinga.

Kamar ini menawarkan pengalaman sensorial yang sangat langka. Dengan pengaruh kebisingan dari luar yang sangat rendah. Bahkan batas yang paling rendah dari teori para ahli matematika.

“Begitu seseorang memasuki ruangan, maka akan segera merasakan sensasi aneh dan unik yang sulit untuk dijelaskan,” tulis Hundraj Gopal, seorang pembicara dan ilmuwan pendengaran, juga perancang utama ruang anechoic di Microsoft.

Gopal menjelaskan, di dunia nyata, telinga kita terus-menerus tunduk pada beberapa tingkat suara, jadi selalu ada tekanan udara pada gendang telinga. Tapi begitu memasuki ruang anechoic, tekanan udara konstan ini hilang, karena tidak ada pantulan suara dari dinding di sekitarnya.

“Ini adalah pengalaman baru,” tulisnya.

 

Bawang Beton

Untuk mencapai keheningan ekstrem, ruangan dirancang dengan struktur seperti bawang yang berlapis-lapis. Memiliki enam lapis beton dan baja, agak terputus dari bangunan sekitarnya, terisolasi dari bangunan lain dan dunia luar, terletak di atas serangkaian peredam getaran pegas.

Di dalam, terpasang fiberglass wedges pada lantai, langit-langit dan dinding untuk memecah gelombang suara sebelum memantul berbalik ke ruangan. Lantai itu sendiri merupakan sebuah grid kabel yang menyerap suara.

Proses perancangan, perencanaan dan konstruksi ruang tersebut berlangsung selama satu setengah tahun, dan hasilnya, “tingkat kebisingan yang diukur di dalam adalah -20.3dBA. Ini berarti bahwa suara ambient dalam ruangan adalah 20,3 dB di bawah ambang pendengaran manusia. Sebagai perbandingan, salah satu suara paling tenang yang bisa didengar di ruangan yang tenang, pernapasan yang tenang, di jam 10dB.” kata Gopal.

Ruang Microsoft saat ini terdaftar di Guinness World Record sebagai tempat paling tenang di dunia, gelar yang dinobatkan pada 2015.

Ruang anechoic pada umumnya digunakan untuk menguji suara yang berasal dari berbagai produk dengan tingkat keandalan ilmiah yang tinggi. Kamar ini digunakan Microsoft untuk peralatan audio seperti mikrofon, headphone dan speaker, atau untuk menganalisis klik dan dengungan dari perangkat komputasi seperti keyboard, mouse, kipas dan modul lampu latar pada panel dan layar sentuh.

Di antara produk-produk yang telah mendapat manfaat dari ruang ini adalah garis permukaan tablet, konsol game Xbox dan kacamata HoloLens VR, tetapi juga perangkat lunak tempat komponen audio dominan, seperti Skype dan asisten virtual Cortana.

Tidak ada yang kuat untuk tinggal berlama-lama di ruangan itu. “Waktu terpanjang terus-menerus yang dihabiskan seseorang di dalam ruangan adalah sekitar 55 menit,” kata Gopal di Microsoft.

Anda ingin merasakan keheningannya?

Sayangnya ruangan anechoic chamber Microsoft ini tidak untuk umum. Jika Anda ingin merasakan pengalaman yang sama, Orfield Labs di Minneapolis, memiliki ruang anechoic yang dibuka untuk umum dan telah menjadi objek wisata kecil. Coba uji nyali Anda di sini, berapa lama bisa bertahan di dalamnya?

“Saya telah memperhatikan bahwa ada beberapa orang yang dapat tinggal di dalam selama 30 menit atau lebih. Tetapi yang lain telah diminta untuk keluar dalam beberapa detik pertama.” terang Gopal.