Aktor dan bintang iklan Nicky Tirta saat ini lebih sering terlihat dalam acara masak-memasak. Kali ini, di sela mengisi acara memasak yang digelar salah satu perusahaan e-commerce di daerah Jakarta Selatan, aktor berwajah tampan itu bicara panjang lebar tentang menu sahur sehat bersama Wormtraders.

Selain memang hobi memasak sejak duduk di bangku SMP, Nicky juga mengaku pernah mengambil sekolah memasak dan sekolah broadcast. Pada 2012, salah satu impian Nicky untuk memiliki program memasak sendiri juga terwujud.

“Sekolah masak dulu pernah, short course, nggak sempet jadi chef. Tapi, saya memang suka masak dari SMP. Terus sempet sekolah broadcast juga. Pernah punya keinginan, sekitar 10 tahun lalu, untuk ngegabungin antara broadcast dengan masak, tapi baru terwujud empat tahun lalu di salah satu stasiun TV,” jelasnya.

Selain memasak di layar kaca, laki-laki kelahiran Jakarta, 27 April 1983, ini  juga kerap memasak di rumah untuk anak kesayangannya, Naara Ellyna Tirta. Nicky yang mengaku sedang mencoba untuk lebih mendalami teknik dan cara memasak kue dan pastry ini senang membuat brownies dan chocolate lava cake.

Sering membuat masakan untuk anak semata wayangnya, Nicky mengaku puas dan senang Naara selalu jadi penggemar nomor satu untuk apa pun masakan yang dia olah.  Bahkan, makanan bercitarasa pedas pun tetap disantap oleh gadis kecilnya itu. “

“Nah, fans makanan saya nomer satu ya anak saya. Mau dibikinin apa juga pasti dimakan. Sampai makanan pedas juga, walaupun dia nggak suka. Jadi memang saya bangga banget punya orang yang selalu ada untuk nyicipin masakan saya, dan fans nomor satunya,” tandasnya.

Usaha Kue Online

Nicky mengaku tengah disibukkan dengan usaha kue yang dirintisnya. Aktor yang terkenal lewat film Menculik Miyabi tersebut memfokuskan diri di bidang pastry, baking, dan masakan Indonesia.

Pria blasteran Tionghoa-Belanda ini mengaku, telah memiliki bisnis kue online untuk menunjang minatnya di dunia masak. Meski demikian, ia masih belum memiliki toko kue berbentuk fisik. Ia baru memasarkan kuenya secara online dan berharap dapat segera membangun toko kue sungguhan di kemudian hari.

“Saya punya toko kue online, tapi toko yang secara fisik belum ada. Saat ini saya lagi menabung untuk mewujudkannya. Untuk saat ini usaha saya masih berjalan secara online. Puji Tuhan usaha saya berjalan lancar dan banyak orang suka,” ungkap Nicky yang enggan merinci omset yang didapat dari bisnis kue online ini.

Ketika disinggung bagaimana mengatur waktu dalam berbisnis, adik kandung penyanyi Nia Lavenia ini mengaku selalu terjun langsung ke dapur. Ia selalu menyempatkan diri ke dapur meski dikejar jadwal padat. Membuat adonan menjadi suatu tugas yang wajib ia kerjakan setiap hari.

“Meski sibuk, saya selalu terjun langsung ke dapur. Minimal membuat adonan. Pasalnya, saya memiliki kemampuan untuk baking, sisanya bisa diserahkan kepada karyawan. Jadi setiap pagi saya yang selalu membuat adonan kue,” imbuhnya.

Saat ini Nicky telah sibuk di dunia kuliner. Meski demikian, ia terkadang merasa kangen untuk berakting di layar kaca. Oleh sebab itu, Nicky pun tak segan menerima tawaran untuk bermain film.

“Jujur saya suka kangen dengan pekerjaan saya di bidang akting, jadi kadang saya suka mengambil tawaran untuk bermain film. Tapi sekarang sudah dibatasi banget. Saya akan ambil itu ketika saya benar-benar kangen untuk berakting,” tegasnya.

Awali Sahur dengan Jus

Terkait puasa, Nicky juga tak segan berbagi tips bagaimana menyiapkan menu sahur yang sehat. Wajar, sahur menjadi waktu makan yang penting bagi orang berpuasa pada bulan Ramadan. Agar badan tidak lemas selama puasa hampir 14 jam, tubuh perlu mengonsumsi makanan bernutrisi saat sahur. Dan, akan lebih afdol lagi jika makanan itu disiapkan sendiri.

“Sekarang lagi ngetren juga kan buat makanan sendiri. Jadi kita bisa atur sendiri biar lebih sehat,” katanya di Capital Place, Jakarta, belum lama ini.

Selain itu, pemain sinetron Ganteng-Ganteng Serigala itu sering memulai makannya dengan mengonsumsi segelas jus. Menurutnya, jus berguna untuk melancarkan pencernaan.

“Biasa aku awali dengan jus, ya. Kalau aku jus campuran seledri, jahe, lemon, sama timun. Nggak peduli kita makan fat atau gimana, yang penting awali dulu dengan yang baik,” ujarnya.

Nicky yang saat ini menekuni bidang pastry,  sempat memamerkan keahliannya memasak. Jelang Magrib, ayam switzel kulit almond pun terhidang dengan aroma sangat menggugah selera.

“Masak itu mudah, kok. Kita harus belajar agar bisa membuat makanan yang sehat bagi tubuh kita,” ujarnya mengakhiri.