Untuk memeriahkan Asian Games 2018 akan digelar Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) di pusat perbelanjaan di Indonesia dengan memberikan diskon hingga 73 persen pada 8 Agustus hingga 2 September 2018.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, event ini diharapkan mampu menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Acara HBDI yang akan dibuka pada 8 Agustus di Benteng Kuto Besak, Palembang, Sumatera Selatan ini selain untuk memeriahkan acara Asian Games juga menyambut HUT Indonesia ke-73.

“Kita menetapkan Palembang sebagai host dari HBDI.  Di acara ini akan diberikan diskon besar-besaran dan memuaskan masyarakat yang akan belanja,” kata Arief, di Kementerian Pariwisata Jakarta.

Dalam event HBDI 2018 yang diselenggarakan Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) itu, beragam penawaran menarik untuk para konsumen dapat diperoleh dengan harga yang murah.

Program diskon yang menarik antara lain diskon 73 persen untuk all items dan selected itemsadditional diskon 17 persen ditambah 8 persen, lalu ada diskon 73 persen untuk yang sudah berumur 73 tahun, hanya bayar 73 persen minimal transaksi tertentu serta, clearence sale up to 73 persen bisa didapatkan wisatawan saat penyelenggaraan HBDI 2018 itu.

Kemudian, untuk barang-barang yang mendapatkan diskon all items adalah produk yang dinaungi Hippindo, seperti Hammer, Pojok Busana, Hero Group, Johnny Andrean, MAP, Erafone, Yongki Komaladi, hingga Hokben.

CTAforum wormtraders

Ketua Hippindo, Budihardjo Iduansjah mengatakan, acara ini bukan hanya untuk menyambut HUT Indonesia, tapi untuk menunjukkan Indonesia tuan rumah yang baik Asian Games.

“Hari belanja bisa memberikan kado tidak hanya kado ulang tahun ke-73 tapi menjadi tuan rumah yang baik bagi tamu-tamu Asian Games. Ini merupakan sesuatu yang baik, terlebih HBDI juga dilakukan berbarengan dengan dilangsungkannya Asian Games 2018, sehingga HBDI bukan hanya memberi kado bagi bangsa, tetapi menjadi tuan rumah yang baik bagi atlet atlet” ujarnya.

Dia menjelaskan, wisata belanja Indonesia terus mengalami peningkatan. Bahkan, wisata ini berpotensi mendatangkan wisatawan Nusantara maupun wisatawan mancanegara.

Selain penyelenggaraan HBDI, event tersebut juga akan disemarakkan penyelenggaraan Diaspora Sriwijaya Festival yang bertemakan “Sriwijaya Great Sale” dengan akan menggelar pawai budaya khas Sumatera Selatan. Selain itu akan ada pula Pempek Expo dan Festival, Sonket & Designer Expo, Pameran Kebesaran Sriwijaya dan juga pemecahan rekor MURI dengan menghadirkan Pempek terbanyak yang berjumlah 18.818.

APPBI Gelar Festival Jakarta Great Sale

Tidak hanya Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta kembali menggelar Festival Jakarta Great Sale (FJGS) yang akan digelar 12 Agustus hingga 4 September 2018.

Tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada FJGS kali ini pun akan memberikan diskon hingga 70 persen di pusat-pusat perbelanjaan di Jakarta. Festival ini akan berlangsung serentak di 82 pusat perbelanjaan, terdiri dari mal dan trade center pulus delapan hotel di lima wilayah di DKI Jakarta.

Ketua Pelaksana FJGS 2018 sekaligus Ketua APPBI DPD DKI Jakarta, Ellen Hidayat mengatakan, FJGS 2018 yang diselenggarakan sekaligus untuk memeriahkan penyelenggaraan pesta olahraga Asian Games 2018 ini dimeriahkan oleh aneka aktivitas, mulai dari program belanja tengah malam atau midnite sale di 13 pusat belanja, yang akan berlangsung setiap akhir pekan secara bergantian dari mal ke mal.

“Biasanya kita helat saat ulang tahun DKI Jakarta, tapi karena Asian Games dalam waktu dekat jadi kita undur pada masa Asian Games. Targetnya selama tiga minggu ini bisa mencapai Rp 3 – 4 triliun. Semoga angka ini bisa tercapai, angka bukan nomor utama tapi bagaimana spirit kita memberikan kontribusi positif agar Asian Games sukses,” paparnya.