Siapkan Amunisi, Candlestick hingga Pemantau Sentimen Pasar

Ibarat serdadu, trader akan kalah sebelum bertempur jika tak melengkapi diri dengan amunisi dan strategi berperang yang baik. Amunisi bagi trader sudah tentu berbagai ilmu tentang trading, dari analisis hingga strategi. Caranya, membentang analisis dan strategi berbekal segala macam tools sesuai manfaatnya masing-masing.

Ada banyak tools. Tugas trader untuk mencermati, memilah, dan memilih tools yang benar-benar cocok untuk aktivitas trading sesuai kelas aset yang dipilih.

“Dengan berbagai macam tools itu, trader lebih punya ketepatan dalam menetapkan open order, menetapkan opsi, memilih timeframe, hingga berapa harus mengalokasikan dana yang tidak mengganggu ketahanan finansial. Trader juga jeli mencermati kapan harus memulai dan kapan menghindari pasar yang tidak bersahabat,” papar Wahyu U.K Notodiputro, founder wormtraders forum.

Bukan itu saja, masih menurut pakar trading yang akrab disapa U.K (baca: Yuuke) ini, keran profit trading akan lebih terbuka lebar dengan aneka rupa tools . Begitu pun terciptanya peluang-peluang dengan hasil yang lebih presisi. Deposit pada akun binary options pun dijamin akan makin menggelembung dan aktivitas trading makin lancar jaya.

Anda pasti berminat. U.K siap membagi waktu untuk mengupas tuntas berbagai tools dan manfaatnya bagi aktivitas trading Anda lewat wormtraders forum. Nah, segera lakukan sign up forum hingga tuntas dan buka akun Binary dengan klik salah satu banner binary pada landing page.

Kalender Ekonomi hingga Moving Average

Siapkan Amunisi, Candlestick hingga Pemantau Sentimen Pasar

Apa jadinya hidup ini jika tak ada kalender. Begitu pun dengan kalender ekonomi bagi kegiatan trading. Tak hanya memuat berbagai jadual kegiatan ekonomi, kalender ini juga melaporkan data ekonomi dari berbagai negara. Tools yang sangat penting untuk berbagai jenis trading. Terutama trading mata uang.

Candlestick, pastinya hampir semua trader telah mengetahui kegunaannya. Jenis grafik berupa bagan lilin yang mampu jadi penerang arah pergerakan harga. Pola-pola yang ditunjukkannya diyakini memuat akurasi tinggi hingga memudahkan trader menetapkan strategi. Tugas trader untuk menghafal pola-pola tertentu sesuai jenis trading yang diminatinya.

Ada berbagai grafik lainnya yang terdapat pada chart setiap platform. Pola grafik tertentu jadi acuan langkah trading. Apakah itu pola yang bergerak ke arah bullish, bearish, atau tetap bertahan pada tren. Yang pasti setiap grafik harus dicermati agar menjadi peluang profit.

Harga tidak pernah tenang pada tempatnya dalam waktu yang lama. Itulah sebabnya penting untuk bersahabat dengan tools bernama Moving Average. Tools ini bersifat dinamis, atraktif, bergerak sesuai pergerakan harga. Namun Moving Average cukup bisa dipercaya dalam memberi data harga rata-rata suatu aset dalam periode tertentu.

RSI hingga Pemantau Volatilitas

Siapkan Amunisi, Candlestick hingga Pemantau Sentimen Pasar

Selain kalender ekonomi, Relative Strength Index (RSI) adalah tools sangat penting bagi trader. RSI berguna untuk memantau situasi pasar sehingga trader mendapat gambaran kondisi pasar sedang overbough atau oversold.

Tak kalah penting adalah tools untuk memantau volatilitas harga. Seperti kita tahu, selama ini volatilitas harga kerap membuat trader harus berpikir keras menentukan strategi. Bukan perkara mudah untuk menerapkan strategi dalam waktu yang singkat pada situasi pasar yang sangat fluktuatif. Apalagi, dalam situasi horor di mana fluktuasi harga sangat ekstrem.

Tak beda dengan volatilitas, terkadang sentimen pasar yang mewujud dalam rasio jual/beli sangat kejam memberi hasil trading. Tak ada pilihan lain, trader harus merangkul berbagai tools yang memberi gambaran pergerakan harga berdasarkan sentimen pasar ini.

Memang tidak ada tools yang benar-benar sempurna. Trader harus mampu mencermati dan jeli memilih tools apa yang benar-benar cocok saat melakukan trading kelas aset tertentu. Sebab, tools yang cocok untuk salah satu kelas aset belum tentu cocok untuk kelas aset  yang lain.

Lantas bagaimana trader bisa mahir mengenali tools-tools yang ada? Jawabannya adalah terus trading. Makin sering ‘berperang’ maka akan makin tahu dan kenal dengan strategi yang harus dijalankan. Selain itu, jangan malas menimba ilmu dan berbagi ilmu dengan sesama trader.

Minimal, dengan aktif dalam komunitas trader, seperti wormtraders forum, pengetahua kita makin terasah. Nah, sekali lagi, segera lakukan sign up forum hingga tuntas dan buka akun Binary dengan klik salah satu banner binary pada landing page.