Melanjutkan ulasan sebelumnya mengenai strategi trading untuk memanfaatkan momen terbaik, kini masuk pada bagian ke 3, yaitu Binary Payout Price.

Pada bagian ke-3 ini saya akan memberikan strategi trading dengan durasi waktu sangat pendek yaitu hanya 5 sampai 7 tick (pergerakan harga). Mengingat trading dengan durasi sangat pendek sangat membutuhkan kecepatan dan ketepatan eksekusi, maka dibutuhkan kedisiplinan dan kontrol emosi yang baik.

Pada prinsipnya strategi trading ini lagi-lagi memanfaatkan momen trading pada level harga resistance dan support. Strategi kali ini pada dasarnya memperhatikan dan menghitung selisih kenaikan atau penurunan harga pada setiap pergerakan harga suatu instrument pada tick trend.

Logika sederhananya, selisih harga akan mengalami perlambatan saat akan menyentuh level harga resistance dan support. Contohnya pergerakan harga 8221 – 8227 – 8232 – 8235 – 8236 maka bisa hampir dipastikan pergerakan harga akan menyentuh level harga resistance pada tick trend.

Hal ini bisa dilihat dari perlambatan atau tekanan pasar yang terjadi dengan melihat perkembangan selisih harga di atas semakin jenuh, selisih kenaikan harga di atas berangsur 6 point – 6 point – 3 point – 1 point.

Sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu bila pada prinsipnya dalam sebuah grafik instrument ada tiga macam trend, yaitu macro trend atau tren dominan, micro trend atau tren kecil, dan tick trend. Perbedaan tersebut dilihat dari rentang waktu grafik.

Dalam pengamatan dan pengalaman saya, pola pergerakan harga saat menyentuh level harga resistance dan support pada tick trend sedikit berbeda dengan pola pergerakan harga pada micro trend dan macro trend.

Pada tick trend terdapat kecenderungan pola pergerakan harga akan lebih sering menembus level harga resistance dan support untuk meneruskan arah tick trend, walaupun akan ada satu sampai dua pergerakan harga mengalami reversal pattern menuju keseimbangan baru pada pasar. Hal ini diakibatkan karena tick trend berada dalam bayang-bayang micro trend yang tentu saja lebih kuat dan saat itu belum menyentuh level harga resistance dan support.

Baiklah, kita mulai saja. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan trading Binary Options dengan strategi trading Binary Payout Price berdurasi 5 sampai 7 tick:

  • Buka platform www.binary.com di menu trade, klik, SmartTrader

  • Kemudian lihat di bagian tengah paling atas layar, terdapat grafik kecil yang menyerupai worm (cacing). Perhatikan bagian yang dilingkari pada gambar di bawah.

  • Untuk memulai trading, pilihlah instrumen yang memiliki big volatillity, seperti volatillity 100 index, volatillity 75 index, atau pairs USD/JPY, GBP/JPY dan lainnya. Instrument dengan big volatility sangat sesuai untuk trading durasi pendek. Semakin besar volatilitas suatu instrument, tentu akan memberikan kalkulasi risiko yang lebih rendah untuk trading durasi pendek.
  • Untuk itu sebaiknya observasi candle terlebih dahulu menggunakan Trading View, gunakan time frame 1 menit, cari instrument dengan pola dominasi candle berbadan besar, dan tren sedang naik atau turun dominan.

Baca juga: Strategi Trading Mendapatkan Momen Terbaik (1)

  • Trading kali ini saya memilih volatillity 100 index. Lihat lingkaran biru pada gambar di bawah.
  • Tentukan durasi waktu 7 tick. Lihat lingkaran merah. Untuk menentukan durasi trading 5 sampai 7 tick ditentukan oleh dominasi pola candle yang telah terlebih dahulu di observasi pada Trading View, semakin banyak badan candle yang berukuran besar maka kita dapat menggunakan durasi  7 tick.
  • Isi kolom modal sesuai dengan kemampuan Anda.

Hal-hal yang perlu diperhatikan,

  • Di kolom transaksi higher/ lower (buy/sell), open position hanya akan dilakukan pada prosentase laba trading yang lebih kecil . Artinya, kita dengan sengaja mengambil risiko trading yang lebih rendah. Pada gambar di atas menunjukan pada transaksi Lower (sell) prosentase laba trading lebih kecil dibandingkan Higher (buy), maka kali ini kita hanya fokus untuk open position pada transaksi Lower (sell) saja. Lihat gambar di atas, B < A.

Baca juga: Strategi Trading Mendapatkan Momen Terbaik (2)

  • Karena pada kasus kali ini kita hanya fokus open position pada transaksi Lower (sell) saja seperti dijelaskan pada point di atas, maka saat grafik worm (cacing) mulai bergerak naik, kita menunggu hingga ujung grafik worm berwarna biru. Hal ini menandakan grafik worm menyentuh level harga resistance dan akan mengalami pembalikan arah (reversal pattern). Tetap amati grafik tersebut dan pastikan ujung grafik worm berubah warna hijau sebelum ujung grafik worm berwarna merah. Seperti gambar ini. 
  • Segera lakukan open position pada transaksi Lower (sell) saat ujung grafik worm berwarna merah. Namun, jangan pernah lakukan open position bila terjadi pola warna ujung grafik worm berturut-turut adalah berwarna merah-hijau-merah. Pastikan untuk melakukan open position pola warna ujung grafik worm berturut-turut adalah berwarna biru – hijau (boleh beberapa kali) – merah.
  • Pada saat ujung grafik worm berwarna merah, itu menandakan grafik worm telah menyentuh level harga support, kita akan memanfaatkan pergerakan harga yang akan menembus level harga support tersebut yang biasanya berlangsung begitu cepat
  • Perhatikan gambar di bawah, untuk memaksimalkan profit dan menjaga risiko loss, sebaiknya menurut saya kita dapat membuka dua sampai tiga tab sekaligus.

  • Kemudian, jika pada open position pertama mengalami loss, maka segera beralih ke tab yang kedua. Namun harus diingat saat masuk pada tab kedua segera ambil open position Higher (buy) dan gandakan modal (martingale strategy). Hal ini untuk mengantisipasi bila ternyata pergerakan harga mengalami pembalikan arah. 
  • Menurut pengamatan saya pembalikan arah ini bisa terjadi karena level harga support pada tick trend secara bersamaan menyentuh level harga support pada micro trend dan/ atau macro trend sehingga pergerakan harga akan mengalami pembalikan arah. Dan bila ternyata open position pada tab kedua juga mengalami loss, maka segera ambil open position Lower (sell) pada tab ketiga, hal ini patut diduga keras pergerakan harga pada tab kedua ternyata bukan pembalikan arah namun hanya terjadi koreksi pada micro trend dan/ atau macro trend. Dan tentu jangan lupa setelah terlebih dahulu menggandakan modal (martingale strategy) hingga profit, hal ini akan menutup loss yang terjadi sebelumnya.

  • Namun, jika pada open position pertama sudah mendapat profit, kita tidak perlu open position pada tab yang kedua atau ketiga, cukup sekali saja. Dan mulai mengulang langkah pertama lagi untuk meneruskan trading berikutnya. Perhatikan gambar di bawah ini.

Nah, mudah bukan? Ini merupakan strategi yang bisa diandalkan keakuratannya dalam meraih keuntungan. Namun sebelum terjun ke akun riil, sebaiknya praktikkan di akun virtual terlebih dahulu. Dan Anda harus banyak berlatih dengan bimbingan mentor.

Jika Anda ingin mendapat bimbingan langsung dari saya silakan ikut Binary Options Traders Camp atau Binary Options Private Class yang rutin diadakan wormtraders. Caranya, klik saja banner Traders Camp untuk registrasi atau hubungi alamat email, nomor telepon yang tercantum di brosur.

Atau jika ingin berdiskusi mengenai trading, silakan bergabung di forum.wormtraders.com. Caranya mudah dan gratis. Klik saja banner JOIN NOW yang ada pada artikel ini.

UK Jurnal Trading Wormtraders