Halo, teman-teman. Semoga terus konsisten dan fokus pada Trading for living.

Hari ini saya akan mengupas kelanjutan Strategi Trading Memanfaatkan Momen Terbaik. 

Candlestick trend pattern banyak sekali macamnya. Namun, kali ini kita akan membahas pola–pola yang kuat dan bekerja baik pada perdagangan binary options saja. Sebab, tidak semua candlestick trend pattern bekerja sama baiknya.

Seiring besarnya pertumbuhan Retail Traders yang bergabung dalam dunia trading, financial market volatility sulit diprediksi. Kondisi menyebabkan likuiditas pasar juga lebih besar lagi.

Beberapa candlestick trend pattern yang harus kita kenali dan perhatikan:

 

Gambar 1: Candlestick Trend Pattern: Doji
  1. Doji, adalah formasi candle saat harga pembukaan dan penutupannya hampir sama. Secara visual, doji terlihat seperti tanda silang (x) atau tanda plus (+). Doji menunjukkan potensi pembalikan harga.

    Gambar 2: Candlestick Trend Pattern: Spinning Top
  2. Spinning Top, mirip dengan Doji, memiliki ekor candle atas (upper shadow/wick) dan bawah (lower shadow/wick) yang panjang. Menunjukkan potensi pembalikan harga.

    Gambar 3: Candlestick Trend Pattern: Shooting Star
  3. Shooting Star, adalah formasi candle saat harga penutupannya di bawah harga pembukaan (perlawanan harga) dan memiliki ekor candle pada bagian atas (upper shadow/wick) yang minimal panjangnya dua kali lebih besar dari bodi. Ini adalah pola bearish reversal dan menunjukkan aksi pergerakan harga kemungkinan besar akan turun dalam waktu dekat.

    Gambar 4: Candlestick Trend Pattern: Hanging Man
  4. Hanging Man, adalah formasi candle bearish yang terbentuk di puncak uptrend. Ini menunjukkan aksi harga mungkin akan turun dalam waktu dekat.

    Gambar 5: Candlestick Trend Pattern: Hammer
  5. Hammer, adalah formasi bullish candle yang terbentuk di bagian bawah downtrend. Ini menunjukkan aksi harga bisa naik dalam waktu dekat.

Untuk meningkatkan kemungkinan potensi terjadi pembalikan harga setelah terbentuk candlestick trend pattern, kita harus memperhatikan beberapa hal:

  1. Sebelum terbentuk candlestick trend pattern harus didahului long body candle, untuk memastikan benar telah terjadi keragu-raguan pasar.
  2. Tunggu konfirmasi candle yang terbentuk setelah candlestick trend pattern, pastikan pergerakan harganya melawan long body candle yang terbentuk sebelum candlestick trend pattern.

Bila kondisi di atas terpenuhi, bisa segera lakukan open order sesuai arah pembalikan harga.

Gambar 6: ilustrasi penjelasan di atas, pastikan Long Body Candle dan Confirmation Candle sebelum memutuskan OP

Baik, sekian dulu. Ingatlah selalu, practice make perfect. Segera buka Akun Binary Options untuk mulai belajar praktik trading. Ikuti prosedur Sign up forum hingga tuntas atau klik saja salah satu banner binary pada landing page. Selamat belajar, ya.

 

UK Jurnal Trading Wormtraders