Meneruskan sesi sharing, hari ini saya berupaya mengulas strategi trading untuk memanfaatkan momen terbaik pada market. Keseluruhan isi tema tulisan ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  • bagian 1 – Indicator strategy
  • bagian 2 – Canddlestick Strategy, dan
  • bagian 3 – Binary Payout Price

BAGIAN 1 – INDICATOR STRATEGY

Dibantu dengan beberapa indikator untuk membaca market USD/JPY; 14-11-2017; 15:30 UTC; timeframe 3 menit.

Indikator :

  • Weighted Moving Average (WMA) periode 14, kita beri warna biru.
  • Smoothed Moving Average (SMMA) periode 7, kita beri warna kuning.
  • Bollinger Bands (BB) periode 20, kita beri warna hijau untuk garis batas atas dan bawah, warna ungu untuk garis tengah.

Pada strategi trading kali ini, saya menggunakan bollinger bands dan moving average untuk memudahkan kita membaca level resistance, support dan trend market. Untuk indikator bollinger bands, saya biarkan di mode default setting (periode 20). Bisa juga mengubah setting kalau sudah terbiasa.

Seperti yang saya sampaikan pada sharing terdahulu, bollinger bands bekerja sangat baik pada sideway market, tapi jago juga pada trending market.

Aturan umum:

  1. Lakukan segera open order tepat saat berakhirnya usia candle atau opening candle berikutnya, selambat-lambatnya maksimal 20 persen usia candle. Jika menggunakan timeframe 3 menit, jangan pernah melakukan open order lebih dari 36 detik karena akan kehilangan momen terbaik.
  2. Jangan pernah melakukan open order yang melawan arah trending market, sangat berisiko.
  3. Saya menyarankan masa durasi trading sedikitnya usia 2 periode candle, jika timeframe yang digunakan 3 menit, maka gunakan masa durasi trading 6 menit.
  4. Pada trending market, kita menggunakan indikator WMA dan SMMA. Jika garis WMA (berwarna biru) berpotongan dengan garis SMMA (berwarna kuning)  maka sedang terjadi perubahan arah trend market.

Open Order :

  1. Jika garis WMA berada di bawah garis SMA, hal ini menunjukkan downtrend (bearish market), kita tunggu hingga opening candle berada di bawah garis WMA (berwarna biru) dan segera lakukan sell order, lihat panah A pada gambar.
  2. Jika garis WMA berada di atas garis SMMA, hal ini menunjukkan uptrend (bullish market), kita tunggu hingga opening candle berada di atas garis WMA (berwarna biru ) dan segera lakukan buy order, lihat panah B pada gambar.
  3. Pada sideway market, buy order saat candle menyentuh garis batas bawah dari bollinger bands dan sell order kalo candle menyentuh garis batas atasnya, lihat panah C pada gambar.
  4. Pada trending market, bisa saja terjadi satu dua kali koreksi, artinya pergerakan candle melawan arah trending market. Jika ini terjadi tunggu hingga candle menyentuh garis tengah bollinger bands (berwarna ungu) dan jika candle berikutnya bergerak searah trending market, segera lakukan sell order, lihat lingkaran berwarna hitam pada gambar.

Sementara cukup buat hari ini. Selanjutnya akan kita bahas Strategi Trading Memanfaatkan Momen bagian 2.

Catatan: sebaiknya kalian segera membuka Akun Binary Options untuk mulai belajar praktik trading, ikuti prosedur Sign up forum hingga tuntas atau klik saja salah satu banner binary pada landing page.

 

UK Jurnal Trading Wormtraders