Teknik Scalping, Asyik tapi Bukan untuk Pemula

Trading dengan teknik scalping sangat asyik. Pasalnya, kelebihan trading dengan teknik ‘kutu loncat’ ini adalah mampu meraih profit berulang kali, bahkan dalam situasi pasar sangat sepi. Hanya saja, teknik scalping memerlukan keahlian khusus. So, jika Anda trader pemula, jangan coba-coba menerapkannya.

Scalping adalah salah satu strategi trading yang populer di pasar valuta asing. Banyak trader menggunakannya sebagai metode utama. Semula, scalping juga sangat tidak dianjurkan dalam trading binary options. Namun, teknik ini kemudian banyak digunakan, terutama oleh para expert untuk meraih profit berulang kali dalam waktu yang sangat cepat.

Dengan kata lain, Anda bisa meraih keuntungan besar lewat langkah-langkah kecil dengan teknik scalping. Atau, Anda bisa meraih profit kecil namun berulang kali. Hanya saja, sekali lagi, teknik ini sangat berisiko. Jika Anda belum mahir dan salah langkah, bukan profit yang diraih justru margin call yang didapat.

Open order yang tidak tepat waktu juga dapat menyebabkan kerugian besar. Sebab, biasanya strategi dengan teknik scalping mengabaikan unsur manajemen risiko untuk memaksimalkan keuntungan,” jelas Wahyu U.K. Notodiputro, expert trader sekaligus founder Wormtraders Forum.

 

Timeframe Pendek, Waspada Sinyal Palsu

Expert trader binary options kemungkinan akan menerapkan teknik scalping gamma. Ini merupakan strategi jangka pendek yang bergantung pada trading cepat yang dipicu momentum aset. Trading hampir tidak pernah berlangsung lama alias dalam timeframe pendek. Trader yang kurang pengalaman bisa terkecoh oleh sinyal palsu.

“Inilah yang harus diwaspadai oleh scalper (sebutan untuk trader yang gemar menerapkan teknik scalping). Karena kerangka waktu yang digunakan sangat pendek, situasi trading sering membuat trader sulit membuat keputusan dalam menentukan posisi,” jelas U.K. (baca: Yuuke), panggilan akrab Wahyu.

Teknik Scalping, Asyik tapi Bukan untuk Pemula

Disebut scalping gamma karena mengacu pada aksi buy dan sell yang berulang-ulang untuk membuka peluang profit yang juga berulang. Mengapa trader mampu melakukan aksi beli dan jual saham secara berulang? Sebab, trader memiliki posisi gamma yang panjang.

Gamma adalah istilah Yunani yang mengacu pada tingkat perubahan Delta suatu aset. Delta adalah angka yang digunakan untuk mengukur tingkat perubahan suatu aset versus harga suatu opsi. Ketika sebuah saham, misalnya, memiliki Delta 0,80, itu berarti bahwa untuk setiap US$ 1 perubahan opsi saham untuk itu bergerak sebesar US$ 0,80. Gamma mengukur seberapa cepat perubahan ini.

 

Peran Hedging dalam Scalping Gamma

Akan lebih mudah memahami kerja scalping gamma dalam contoh. Misalnya dalam trading pasangan mata uang EUR/USD di mana Anda memprediksi harga akan naik dan Anda telah menetapkan opsi Call. Semakin mendekati masa kedaluwarsa, realitas aset mungkin saja berubah dan arah trading pun bisa berubah. Gamma akan menjadi ukuran seberapa besar Anda akan berhasil.

Dalam situasi demikian, hedging adalah langkah yang benar. Inilah mengapa peran Gamma dibutuhkan, yakni untuk mengukur apakah peran hedging benar-benar dibutuhkan atau tidak. Paling tidak, hedging akan membuat aset memiliki rentang waktu lebih panjang lagi untuk membuka peluang profit.

Jika Anda memiliki opsi Call yang sangat terbuka, namun tiba-tiba trading Anda dalam bahaya, Anda bisa berharap pada kalkulasi Gamma. Selain itu, jika nilai aset berubah cepat dan mengancam akhir trading berakhir dengan out of money, Anda bisa membuka opsi Put baru untuk membuka peluang profit.

Analisis teknis sangat memegang peranan untuk mengatur waktu dan memaksimalkan hasil dengan strategi scalping gamma. Dengan menerapkan trading cepat ini secara benar, Anda membuat banyak peluang profit. Bahkan, saat trading pembuka Anda berakhir dengan posisi loss.

Hedging dalam bentuk apa pun merupakan teknik canggih dan sering disalahgunakan. Gamma scalping adalah upaya untuk mengurangi kemungkinan penyalahgunaan tersebut. Caranya dengan memberikan parameter spesifik saat trader melakukan hedging. Pastikan untuk melakukan penelitian mendalam sebelum Anda menggunakan metode atau teknik ini. Aset yang berbeda akan memiliki pengukuran Gamma dan Delta yang berbeda.

Untuk memantapkan teknik dan strategi ada baiknya bergabung dengan berbagai forum trader. Salah satunya, Wormtraders Forum. Keluasan ilmu membuat langkah trader makin bijaksana. Begitu pun Anda.

Nah, tunggu apalagi? Segera bergabung dengan Wormtraders Forum. Caranya gampang, klik banner bertulis JOIN NOW di atas. Selanjutnya, buka diri untuk berbagai perubahan yang mengasyikkan, seperti asyiknya menerapkan teknik scalping yang menantang kombinasi kecerdasan, kesabaran, dan kejelian Anda.