Text Mining telah menjadi indikator terbaru analisis fundamental perdagangan Binary Options. Apa saja yang mesti diperhatikan?

Text mining sangat penting untuk analisis fundamental pada trading binary options dalam memprediksi gejolak ekonomi dan pengaruhnya terhadap pasar. Hal ini wajib diperhatikan para trader, sebab trader harus peka dalam mengantisipasi arah pasar dan dalam pengambilan keputusan tidak boleh mengabaikan sentimen pasar.” ujar Wahyu U.K. Notodiputro, yang akrab dengan panggilan U.K.(baca : Yuuke) seorang trading expert dan Founder Wormtraders.com.

Muncul pertanyaan, apa itu sentimen pasar? Secara teknis definisi sentimen pasar yaitu sentimen yang berkaitan dengan kondisi pasar, mengacu pada apakah pengaruhnya positif atau negatif (polaritas).

 

Text Mining sebagai Indikator Baru Binary Options

Lalu bagaimana para trader mendeteksinya? Banyak orang terbiasa melihat pasar seolah-olah itu adalah mahluk biologis yang memiliki suasana hati, misalnya pada saat kondisi pasar ragu-ragu atau optimis. Hal ini merupakan antropomortfisme kita terhadap pasar pada saat melakukan trading, Oleh sebab itu trader membutuhkan produk baru sebagai alat untuk mempertajam analisis sentimen pasar. Faktanya pada trading jaman now pada era internet ini semua perdagangan dipengaruhi sosial media, hingga perasaan dan prilaku seseorang sangat dipengaruhi oleh pengamatan mereka terhadap orang lain.

Internet memiliki dampak fantastis pada perdagangan karena bertindak sebagai media yang menyebarkan gelombang emosi kolektif. Banyak orang kehilangan privasinya, ini berpengaruh terhadap perilaku emosional dan sering menghasilkan tindakan yang irasional.

“Internet dapat dijadikan alat baru yang efektif dalam melakukan analisis pasar. Alat ini kita sebut text mining, yang merupakan seni dan ilmu menemukan trend dalam pencarian kata pada dokumen dan teks tertentu dalam melakukan analisis sentimen, ” tandas U.K.

Dengan semakin mudahnya mengakses berbagai opini di internet seperti product riviews, blog, dan twitter, menjadi alat yang populer dalam melakukan analisis dengan tujuan untuk menentukan penilaian publik terhadap produk atau masalah sosial.

Text mining dengan cepat menjadi kebutuhan dan merupakan bagian penting dalam kehidupan kita. Hampir semua orang telah menggunakannya. Dengan kemajuan dalam pemograman dan teknologi, text mining menjadi alat baru untuk melakukan analisis sentimen dan akan merevolusi analisis teknis serta menjadi dasar dalam pencarian dokumen, web pages, blog, atau apa pun yang kita inginkan. Dalam bahasa kerennya disebut keyboard boolean searches. Tapi hasilnya sering ambigu dan tidak akurat.

Hal ini tentunya menjadi sebuah tantangan bagi pencari text untuk melakukan pencarian informasi sebab dengan triliunan kata di internet mesin pencari perlu segera menandai situs dan menjadikan informasi itu sesuatu yang bermanfaat. Perangkat lunak yang melakukan pencarian ini disebut algoritma atau algos.

Sebagaimana kita tahu Google telah menjadi Mbah-nya mesin algoritma, mereka terus meningkatkan kualitas agar mendapat hasil lebih baik. Saat ini hampir semua sektor bisnis memanfaatkan teknologi ini.

Reuters, Dow Jones juga menggunakan ini dan banyak perusahaan baru muncul menawarkan pelayanan offering text search dan semantic analysis. Contohnya GATE (General Architecture for Text Enginering).

Teknologi sudah semakin canggih, kita dapat melihat belahan dunia lain dari teras, dapur, bahkan kamar mandi kita sendiri. Termasuk aktivitas trading bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, dengan peralatan yang praktis seperti hand phone misalnya. Jadi tunggu apa lagi ayoo kita mulai trading dengan klik saja salah satu banner binary pada landing page. Ikuti prosedur sign up forum hingga tuntas. Kamu bisa mulai belajar dengan akun virtual terlebih dahulu. Happy Trading...!