Berdasarkan survei Federal Reserve dinyatakan bahwa sebagian Besar dari 12 distrik Federal Reserve melaporkan, kegiatan ekonomi awal tahun ini tumbuh moderat.

Dalam laporan ekonomi Beige Book bank sentral,  dinyatakan  bahwa pertumbuhan ekonomi di awal 2018 modest kearah moderat, kecuali bank Fed Dallas. Fed Dallas melaporkan terjadi kenaikan yang kuat. laporan ini mengunakan informasi anekdotal yang dikumpulkan oleh 12 bank Fed regional pada atau sebelum 8 Januari kemarin.

“Prospek untuk 2018 tetap optimis untuk sebagian besar kontak di seluruh negeri,” menurut laporan tersebut, yang dirilis Rabu di Washington.

Laporan tersebut mendukung prospek  the Fed pada 2018, yang memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2,5 persen dan tiga kali kenaikan suku bunga. sementara itu, Investor menilai berdasarkan kontrak fed funds futures kemungkinan besar kenaikan suku bunga akan terjadi dua kali  lagi

Ketenagakerjaan ‘Ketat’

Sementara itu berdasarkan data tingkat pengangguran di AS tetap di 4,1 persen pada Desember, hal ini menunjukan belum ada perbaikan  sejak tahun 2000.

“Sebagian besar distrik menyebutkan adanya kekuatiran pasar kerja yang terus berlanjut dan tantangan untuk menemukan pekerja berkualitas di seluruh keterampilan dan sektor, dalam beberapa kasus, dijelaskan sebagai penghambat pertumbuhan, “tertulis dalam laporan Beige Book.

dalam laporan tesebut juga dijelaskan bahwa sebagian besar distrik mengatakan peningkatan upah tidak terlalu tinggi  dan berdasarkan observasi terlihat bahwa perusahaan menaikkan upah di sektor industri yang lebih luas dibandingkan laporan sebelumnya.

dalam laporan Beige Book tertulis sebagian besar distrik melaporkan pertumbuhan yang tidak terlalu tinggi dan cenderung moderat “modest to moderate”. Meski demikian perusahaan di beberapa distrik mengatakan optimis meningkatkan harga penjualan.

The Fed sendiri memperkirakan inflasi hanya 1,5% dalam 12 bulan sampai November, setelah mengecualikan komponen volatel yaitu, makanan dan energi.  Angka tersebut di bawah target lima tahun terakhir yaitu 2 persen.

Tagihan Pajak

Sementara itu, U.S. central bankers dalam pertemuan kebijakan pada 12-13 Desember lalu, menaikkan proyeksi pertumbuhan 2018 menjadi 2,5 persen dari 2,1 persen pada bulan September. Seiring Presiden Donald Trump menandatangani sebuah undang-undang pemotongan pajak sebesar $ 1,5 triliun menjadi undang-undang pada 22 Desember.

“Pejabat The Fed secara umum mengidentifikasi perubahan dalam kebijakan pajak sebagai faktor pendukung pandangan sederhana yang lebih kuat ini.” Ketua Fed Janet Yellen dalam konferensi pres, yang dikutip dari Bloomberg, Rabu (17/1) waktu setempat.

Hampir semua di distrik Chicago Fed mengatakan bahwa tagihan pajak akan memberi dampak positif pada perusahaan mereka. “Sebagian besar responden memperkirakan akan ada upaya penghematan pajak di seluruh pengeluaran untuk modal, tenaga kerja, pembayaran hutang, dan distribusi keuntungan kepada pemilik,” kata Fed Chicago.

di sisi lain, investasi non-residensial terlihat kembali tumbuh dalam tiga kuartal pertama tahun 2017, setelah hampir tidak memberikan kontribusi dalam produk domestik bruto sejak kuartal keempat tahun 2016.

“Laporan menunjukkan bahwa beberapa produsen meningkatkan pengeluaran barang modal selama periode pelaporan,” tulis laporan Beige Book.

Laporan tersebut mengatakan bahwa kegiatan perumahan real estat “tetap terkendala” di seluruh negeri, dengan penjualan rumah dibatasi oleh persediaan perumahan yang ketat.