Seperti kata pepatah, “Kenalilah dirimu, maka akan temukan duniamu.” Sebagai seorang trader, menjadi hal yang penting untuk menemukan: sebetulnya, saya ini trader yang seperti apa, sih? Dengan begitu, Anda dapat mengetahui di mana Anda harus menempatkan diri. Mengapa?

Sebab dalam trading, bukan hanya kecerdasan pikiran yang diperlukan, melainkan juga kecerdasan emosional.

Durasi loss dan profit

Setiap trader memiliki cara sendiri dalam mengembangkan pola dan gaya trading-nya. Pola trading, baik loss maupun profit, memberi petunjuk tentang cara kita memperkuat kinerja. Durasi trading merupakan hal penting untuk dapat mengetahui, berapa lama waktu rata-rata Anda dalam untuk mendapat profit dalam trading? Berapa lama waktu rata-rata Anda saat terjadi loss?

Hal ini akan memberi input positif bagi psikologis trader. Jika Anda tipe yang set-and-let, akan cenderung memilih trading berdurasi panjang. Jika anda trader-style-continuum, akan memilih durasi trading yang pendek. Perlu diketahui bahwa tidak ada konotasi baik atau buruk pada kepribadian trading. Hal tersebut hanya sebagai petunjuk agar dapat memperbaiki pola trading. Lantas, apa perlu Anda mengubah gaya?

Tergantung kebutuhan dan kenyamanan Anda tentunya. Jika Anda menempatkan modal pada banyak pasar dengan durasi pendek, mungkin Anda termasuk trader yang terburu-buru. Hati-hati dengan tipe ini, sebab sering terjebak emosi negatif.

Loss dan Profit Maksimal

Sebagai trader, Anda pasti sudah mengalami profit dan loss. Itu pasti, sebab ini adalah bagian dari sebuah permainan. Tapi dalam setiap trading, ada yang disebut kemenangan atau kekalahan maksimal. Ini memberi tahu banyak hal, jika Anda berada pada posisi dekat dengan titik harga awal, sebaiknya berhati-hati. Karena Anda memiliki probabilitas tinggi untuk mengakhiri trading.

Dalam hal ini perlu kecerdasan pikiran dan emosional. Sebab banyak trader yang terlalu percaya diri, terlalu bersemangat, hingga mulai melakukan kesalahan strategis dan teknis, maka berbuah pahit yaitu kekalahan. Setiap loss yang terjadi dapat memengaruhi penilaian pada trading berikutnya. Sebaiknya Anda rileks dulu sebelum mengambil keputusan berikutnya.

Konsistensi Trader

Dapat dikatakan mendapat untung berarti ada penambahan nominal pada modal awal. Lalu bagaimana agar terus bertambah? Tentu saja butuh konsistensi dalam mendapat profit. Ini tidak mudah. Perlu komitmen trader dalam melakukan trading, dan menempatkan strategi-strategi yang ada. Catatan trading Anda memberi informasi, tentang apakah kerugian yang diperoleh berasal dari kecerobohan? Ataukah salah strategi? Atau malah kepanikan?

Anda harus dapat menentukan berapa kali kesalahan dapat ditoleransi. Jika sudah lewat batas, maka stop trading sementara sampai Anda siap kembali dengan energi yang lebih baik.

 

Apa yang bisa membakar semangat Anda untuk trading binary options?

Tentu profit yang fantastis. Bagaimana untuk mendapatkannya? Dengan komitmen dan terus melakukan evaluasi.

Salah satu cara untuk mengevalusi yaitu dengan menghitung rata-rata keuntungan dan kerugian yang diperoleh, atau disebut win/loss ratio. Hal ini akan jadi data profitabilitas kita selama trading, dan menunjukkan apakah trader dapat stabil mempertahankan profitabilitasnya.

Seberapa besar pengaruh kemenangan dan kerugian terhadap Anda? jika Anda menang dengan margin besar maka tentu akan menambah rasa percaya diri pada strategi yang digunakan. Artinya pula, strategi tersebut dapat diandalkan. Jika kehilangan banyak margin, maka anggaplah sebagai petunjuk untuk memperbaiki strategi Anda. Kebijakan anda dalam menyikapi kemenangan atau kekalahan sangat diperlukan. Apakah Anda tipe trader yang bijak? Hanya Anda yang bisa menjawabnya.

Jika ingin berbagi pengalaman trading, mari bergabung di forum wormtraders. Di sini ada Wahyu U.K. Notodiputro yang biasa dipanggil U.K. (baca: Yuuke) sebagai ahli trading kita. Untuk pemula, silakan membuat akun binary options dengan mengeklik salah satu banner binary pada landing page. Ikuti prosedur sign up forum hingga tuntas.

Happy trading…!