Apa pun bidang kegiatan yang ditekuni membutuhkan strategi untuk meraih hasil maksimal. Begitu pun dengan aktivitas trading. Penerapan strategi yang pas pada saat yang tepat akan mendatangkan profit optimal seperti kita harapkan.

Ya, strategi adalah bagian dari aktivitas perdagangan yang sangat penting. Beberapa strategi mendatangkan hasil sesuai ekspetasi. Namun, beberapa strategi lainnya mungkin tidak karena kurang pas momentumnya.

“Ada strategi yang bisa langsung dipraktekkan, ada juga yang harus melalui uji coba. Semua strategi bertujuan membantu meminimalkan kerugian, bahkan mengakumulasi tingkat keuntungan yang lebih tinggi,” ujar Wahyu U.K. Notodiputro, expert trading yang akrab disapa U.K. (baca : Yuuke).

Yang pasti, masih menurut pemegang International Certified Trading ini, jangan pernah menguji strategi dengan menginvestasikan sejumlah modal yang menyulitkan langkah trading ke depan. Artinya, investasikan modal sesuai jumlah yang sama dengan persentase paling kecil dari total dana yang ada di akun Anda.

Ada baiknya menyimak beberapa tips berikut untuk memastikan langkah trading aman dan nyaman. Ingat, selain hitungan matematis, faktor emosi sangat memegang peranan penting dalam aktivitas trading.

Terampil Kelola Dana dan Sabar

Bisnis apa pun beraroma risiko. Tak ada kebenaran absolut dalam trading. Tak ada juga strategi yang selalu menempatkan trader pada profit 100%. Tips paling pertama harus dikuasai agar strategi trading makin oke adalah terampil mengelola uang atau dana.

Saat menginvestasikan jumlah yang lebih kecil untuk menguji strategi, jangan berharap keuntungan yang besar. Kesabaran adalah kunci. Dengan kesabaran, aktivitas trading akan berjalan dengan lebih masuk akal.

Terkait dengan kesabaran, jangan pernah memaksakan aktivitas trading apa pun saat Anda putus asa. Akibatnya, sering hanya uji strategi secara membabi buta. Betapa pun kondisi pasar harus dicermati. Analisa harus dikembangkan. Ingat, keuntungan sering datang saat trader sabar menunggu momentum tepat untuk menetapkan opsi terhadap suatu aset. Sekali lagi, jangan memaksakan trading pada momentum yang kurang pas.

 

Penting, Rilis Data Ekonomi dan Pergerakan Harga

Selalu memantau rilis data ekonomi dan pergerakan harga, hukumnya wajib bagi trader. Aktivitas trading berbasis data ekonomi dan pergerakan harga lebih bisa dipertanggungjawabkan. Kerugian pun bisa diminimalkan.

Cermati saat situasi harga stagnan. Begitu informasi harga aset ter-publish biasanya pergerakan harga tak lagi stabil. Sering terjadi pergerakan harga, baik naik atau turun. Jika tak mampu menerapkan strategi dengan benar, periode ini bisa menjadi masalah.

Cara paling efektif tentu rajin mencatat hasil perdagangan. Dengan begitu, trader akan lebih cepat menetapkan strategi paling efektif harus diambil untuk meraih hasil maksimal. Strategi tak penting pun dihempaskan ke laut.

Istirahat Sejenak Itu Perlu

Aktivitas trading selalu menawarkan dua pilihan, profit atau loss. Apapun strategi yang diterapkan, penting untuk mengambil waktu istirahat sejenak. Terutama, saat kerugian terjadi berturut-turut. Atur emosi dan evaluasi ulang strategi untuk kemudian menerapkan strategi baru atau membuka perdagangan baru yang lebih fresh dan menjanjikan.

Ingat, hasil trading tak melulu harus berakhir dengan uang. Mampu mengikuti, mencermati, dan menerima proses trading adalah hasil yang tak kalah penting. Kemampuan ini justru lebih penting sebagai modal trading di masa depan.

“Dengan kemampuan menerima kerugian sebagai bagian dari proses justru akan lebih mudah dalam membuat perubahan. Ini sikap dasar yang dibutuhkan untuk menghasilkan dan lebih meningkatkan profit,” tandas U.K yang siap membuat berbagai perubahan bersama para trader lainnya lewat komunitas wormtraders forum.

Nah, tunggu apalagi. Segera lakukan sign up forum hingga tuntas dan buka akun Binary dengan klik salah satu banner binary pada landing page.