Tips dan Trik Liburan Murah Meriah Tanpa Masalah

Hampir tak ada orang yang tak suka berlibur. Setelah lelah bekerja, liburan menjadi cara menyegarkan kembali jiwa raga. Yang jadi masalah, sering biaya liburan menguras isi kantong demikian dalam. Tabungan sontak ludes. Lebih parah lagi, jika gagal menguasai diri, yang terjadi adalah defisit anggaran. Situasi finansial pun kacau balau.

Banyak yang berapologi, tak apa habis-habisan, yang penting happy. Bukankah jiwa raga yang fresh akan berdampak pada produktivitas dan energi baru untuk menyambut kembali rutinitas kerja dengan penuh semangat? Tak salah. Namun, jika ada cara berlibur tanpa menimbulkan kegaduhan finansial, mengapa tidak?

Ada baiknya membuat berbagai perencanaan keuangan agar hasrat berlibur terlaksana tanpa mengganggu kestabilan finansial. Bukankah stres akibat situasi finansial yang kacau balau pasca liburan justru akan menimbulkan masalah tersendiri? Happy sesaat setelah itu pusing tujuh keliling, lantas apa gunanya traveling?

Rutin dan Disiplin Menabung

Trik pertama berlibur tanpa masalah adalah menerapkan strategi paling tradisional, menabung! Anda harus membuat perencanaan matang kapan akan berlibur dan destinasi mana akan dituju. Dengan begitu Anda bisa mengukur presisi berapa budget dan waktu diperlukan untuk menabung tanpa mengganggu kesehatan finansial bulanan.

Ingat, aktivitas menabung harus dilakukan secara rutin dan disiplin. Jika tidak, bisa dipastikan pos-pos finansial Anda bakal guncang ketika saat liburan benar-benar tiba. Yang sering terjadi, orang bermanuver melakukan gali lubang tutup lubang.

Cerdik Tetapkan Destinasi Wisata

Destinasi wisata tujuan menentukan budget atau budget menyesuaikan destinasi wisata tujuan. Keduanya sama saja. Perlu kecerdikan tersendiri menetapkan destinasi wisata yang tak menguras kantung terlalu dalam. Murah meriah tapi asyik.

“Saat traveling bersama teman-teman dekat di Eropa, kami hitung benar budget. Kami memilih cermat negara-negara tujuan saling berdekatan namun memiliki spot-spot wisata sama menawan. Kami memilih road trip ke berbagai kota di tiga negara. Ini sebagai langkah menekan budget sekaligus jadi petualangan asyik,” papar Indira Kusuma Hapsari, seorang konsultan keuangan pada sebuah perusahaan asuransi terkemuka.

Hasilnya, ibu dua anak tersebut bisa merasakan atmosfir romantisnya duduk di tepian Sungai Seine sembari menatap indahnya Menara Eiffel di Paris. Juga, georgios-nya Kota Roma dan Florence di Italia nan menawan. Begitu pun saat singgah di Swiss. Semua dilakukan dengan budget semurah mungkin bahkan berbuah kenikmatan traveling yang lebih.

Tips dan Trik Liburan Murah Meriah Tanpa Masalah

Manfaatkan Promo Tiket Pesawat dan Diskon Hotel

Terkait perencanaan destinasi wisata tujuan, makin afdol jika sejak jauh-jauh hari mencermati promo tiket pesawat murah dan promo hotel dengan diskon besar-besaran. Biasanya, setiap tahun maskapai-maskapai penerbangan akan menggelar Travel Fair, bahkan secara online. Momentum liburan pun dijamin lebih murah meriah dan tak meninggalkan masalah.

“Trik ini saya terapkan saat liburan keluarga. Saya membeli tiket pesawat jauh-jauh hari saat berlibur ke Hong Kong dan Macau. Begitu juga saat ke Johor Baru, Malaysia,” lanjut perempuan usia 39 tahun yang mengagendakan liburan ke Singapura bareng teman-temannya sembari nonton Bruno Mars, tahun ini.

Bahkan, untuk menekan budget sekaligus kenikmatan traveling, Indira cs sengaja jauh-jauh hari booking penginapan atau apartemen melalui situs Airbnb. “Trik ini sangat nyaman jika kita traveling bersama keluarga besar atau bareng teman-teman. Makin banyak waktu untuk bersama-sama,” tandas Indira.

Bergabung dengan Trip Wisata Budget Miring

Bagi Anda yang tak mau pusing berpikir tentang transportasi dan akomodasi, ada baiknya melirik paket trip wisata ber-budget miring. Risikonya, Anda tidak memiliki cukup waktu berlama-lama menikmati spot demi spot. Pasalnya, semua sudah diatur oleh agen travel penyedia paket wisata.

“Paket ini saya pilih saat jalan-jalan ke Eropa dan Amerika bareng suami. Segalanya sudah diurus travel agen, kami tinggal menyediakan dana sesuai paket trip yang kami pilih,” ujar Wuri Suhasti, seorang wiraswasta sekaligus dosen yang mukim di Kota Gudeg, Yogyakarta.

Tips dan Trik Liburan Murah Meriah Tanpa Masalah

Manfaatkan Poin Kartu Kredit

Trik dan tips yang lain adalah memaksimalkan benefit kartu kredit. Rata-rata seluruh kartu kredit memberikan point reward kepada para penggunanya. Nah, point reward ini bisa ditukarkan dengan paket seperti promo tiket gratis dan voucher hotel.

Air miles dari maskapai-maskapai penerbangan menjadi reward ideal bagi Anda penyuka traveling. Tak hanya tiket, namun juga peluang menginap gratis di beberapa negara tujuan wisata.

Bertualang ala Backpacker

Jika Anda penyuka traveling sekaligus pemilik jiwa petualangan tinggi, ada baiknya memilih traveling ala backpacker. Tak hanya memanfaatkan promo tiket pesawat dengan tarif miring, Anda juga bisa menginap di mana pun.

Artinya, Anda tidak perlu menghitung rumit biaya akomodasi sejak jauh-jauh hari. Anda bisa memanfaatkan homestay-homestay atau rumah penduduk dengan budget yang, sudah pasti, lebih miring. Hanya saja, perlu keahlian dan keberanian tersendiri mengambil pilihan ini.

Trading, Cara Ampuh Kumpulkan Dana Berlibur

Trading menjadi tips sekaligus trik ampuh menyiapkan dana traveling. Modalnya, sudah pasti uang. Namun, jika uang itu bisa berkembang lebih cepat dibanding menabung, mengapa tidak? Syaratnya, sudah pasti menguasai metode dasar trading.

Makin lama, ilmu trading kian terasah dan Anda pun makin piawai trading. Hasilnya, jangankan traveling, Anda mampu menuntaskan mimpi-mimpi indah lainnya.

Sebagai langkah awal, bergabunglah dengan forum-forum young traders, seperti Wormtraders Forum. Lakukan sign up untuk bergabung dengan Wormtraders Forum. Selanjutnya, segera buka akun Binary dan klik salah satu banner binary pada landing page untuk mengumpulkan modal traveling. Mari cerdas mengemas traveling murah meriah tanpa meninggalkan masalah.