Puasa tinggal menghitung hari. Ingin menikmati sensasi berbuka puasa sembari menatap indahnya sunset di pantai nan menawan?

Jangan khawatir, tak perlu jauh-jauh ke mancanegara. Indonesia sangat kaya dengan taburan pantai indah, lengkap dengan sunset memukau. Siapkan saja dana agar perburuan sunset makin sempurna.

Jika bicara tentang perburuan sunset atau matahari terbenam, bayangan kita pasti akan segera terbang ke Bali. Ya, Bali yang berjuluk Pulau Seribu Pura itu mengoleksi banyak keindahan alam luar biasa memukau. Termasuk, pantai-pantai dengan keindahan sunset dan sunrise yang jadi favorit para penggemar panorama terbit dan tenggelamnya matahari yang menciptakan sensasi tersendiri.

Pantai Kuta dan Tanah Lot, misalnya, siapa bisa menyangkal keelokan dua destinasi wisata tersebut untuk urusan menikmati sunset? Namun, ingat, Indonesia tak hanya Bali.

Tak terhitung lagi kawasan lain yang menjanjikan surga keindahan sunset yang luar biasa. Ada banyak tempat unik dan menarik lainnya di Indonesia yang sangat layak untuk menuntaskan hasrat menikmati tenggelamnya matahari yang elok. Mari kita simak.

 

Berbuka Puasa Sembari Menikmati Sunset

Setelah seharian berpuasa betapa nikmatnya berbuka. Apalagi, jika berbuka sembari menikmati indahnya sunset, lukisan tangan Tuhan yang luar biasa indah. Maka, nikmat manalagi yang engkau dustakan?

Tak jauh dari Bali, mari bergeser ke Jawa Timur. Provinsi, selain Jawa Tengah, yang selalu sibuk menyambut arus mudik Lebaran ini diam-diam menyimpan potensi wisata luar biasa dalam berbagai kualifikasi, dari pantai, gunung, hingga hamparan pasir dan padang savana nan menawan.

Terkait sunset, Jawa Timur ternyata memiliki Pantai Balekambang yang keelokannya tak kalah dengan Tanah Lot. Tepatnya, Pantai Balekambang berada sekitar 57 km di sebelah selatan kota Malang.

Butuh waktu sekitar 30 menit dari Kecamatan Bantur ke Balekambang. Selain Bantur, Balekambang bisa ditembus dari Kecamatan Gondanglegi menuju Desa Srigono atau lewat Kecamatan Kepanjen.

Persisnya, ada dua jalur yang bisa ditempuh untuk berburu sunset di Balekambang. Jalur pertama dimulai dari Malang Kota menuju Kepanjen, Pagak, dan Bantur untuk akhirnya tiba di Balekambang. Atau, dari Terminal Arjosari menuju Turen, Gondanglegi, dan Bantur sebelum tiba di Balekambang.

Lelahnya perjalanan di tengah lapar dan dahaga berpuasa akan terbayar lunas saat Anda tiba di Balekambang. Apalagi, saat memandang indahnya pura cantik di salah satu karang atau pulau di Pantai Balekambang. Pura Luhur Amertha Jati berdiri kokoh di Pulau Ismoyo. Selain Pulau Ismoyo, ada dua pulau lain, Pulau Anoman dan Wisanggeni.

Pura cantik di atas batu karang yang dihempas deburan ombak menciptakan lukisan alam luar biasa indah. Sunset pun jadi ilustrasi penyempurna keindahan Pantai Balekambang.

Bukan itu saja, Pantai Balekambang juga bisa dijadikan symbol  pluralisme. Betapa tidak, umat Islam menjalani ritual pada hari-hari tertentu di lokasi tersebut.  Hal sama dilakukan umat Hindu yang setahun sekali menggelar upacara Nyepi. Nah, bayangkan betapa nikmatnya berbuka puasa sembari menyaksikan kesempurnaan ciptaan Tuhan tersebut.

 

Berbuka Puasa Sembari Menatap Pantai Hijau Toska

Ingin sensasi lebih tak terlupakan lagi terkait berbuka puasa sembari menyaksikan sunset? Mari menuju Bumi Serambi Mekah, Aceh. Adalah Pantai Lhoknga yang menawan dengan airnya yang berwarna biru dan hijau toska.

Pantai indah ini hanya berjarak 20 km dari Banda Aceh. Atau, hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan. Mirip dengan pantai-pantai lainnya yang bertaburan di berbagai kawasan di Indonesia, Pantai Lhoknga memiliki deburan ombak yang menawan.

Gelombang yang bisa mencapai dua hingga tiga meter juga menjadi surga bagi para penikmat surfing. Pantai yang sempat dihempas dahsyatnya tsunami ini memiliki lima titik ombak favorit. Salah satu titik bahkan diberi nama Suri untuk mengenang peselancar lokal yang jadi korban dahsyatnya tsunami, yakni Left Hander Point, Cemara Right Point, Peak Point, Suri Point, dan Out Side Right Hander.

Sedikit banyak butuh dana untuk menuntaskan hasrat berburu sunset menawan, bahkan magis, di berbagai destinasi wisata. Ada bermacam trik dan strategi agar hasrat berburu sunset ini tidak menggangu kestabilan finansial.

“Biasanya saya siapkan budget khusus untuk liburan atau membiayai hal-hal yang bersifat kesenangan seperti ini. Artinya budget itu tidak mengganggu kebutuhan lain yang bersifat wajib,” ujar Indira Hapsari, konsultan keuangan yang hobi berat traveling, baik dengan keluarga ataupun sahabat-sahabat sehobi.

Hal senada diungkapkan Witri Narhadi yang hobi berat bertualang bersama Sang Suami dan kedua buah hatinya. Bahkan, psikiater cantik ini tak segan menggelontorkan dana besar untuk menuntaskan hasrat bertualang.

Nah, Anda juga tertarik menikmati buka puasa dengan menatap keindahan sunset sembari mendengarkan merdunya adzan di Bumi Serambi Mekah? Persiapkan sedari sekarang, mumpung puasa belum dimulai.

Memanfaatkan tabungan, promo kartu kredit, promo maskapai penerbangan, hingga booking penginapan atau hotel sejak awal adalah beberapa trik meminimalkan anggaran. Jika Anda lebih cerdik, tak ingin merogoh uang saku untuk menuntaskan hasrat merasakan sensasi berbuka puasa sembari menatap sunset, mengapa tidak mencoba trading?

Tidak butuh lama dan tidak harus dengan modal besar untuk memulai trading binary options. Tak percaya? Ayo bergabung dengan Wormtraders Forum dan buktikan bahwa meraih profit besar dalam waktu yang relatif singkat adalah sesuatu yang sangat mungkin.

Jika ada cara lebih mudah menikmati magisnya sunset di Balekambang dan Lhoknga, mengapa harus menggerus tabungan? Segera mulai trading, hijau toska Pantai Lhoknga melambai-lambai dan pura cantik di Balekambang menanti untuk disinggahi. Selamat menjalankan ibadah puasa.